Pemahaman Akan Cara Mengubah Bahasa di Microsoft Word 2013 Guna Memudahkan Penulisan

ada saat kita mengoperasikan PC atau laptop, keberadaan Microsoft Word tidak akan pernah ditinggalkan. Perangkat lunak andalan Microsoft ini digunakan dalam mengolah kata. Tahun 1983 merupakan tahun pertama dimana perangkat lunak Microsoft Word diluncurkan. Seiring dengan berkembangnya waktu, Microsoft Word banyak mengalami perkembangan yang membuat pengguna merasa mudah dalam menciptakan penulisan yang diinginkan. Microsoft Word 2013 sendiri menjadi versi baru Microsoft Word yang dapat mendukung kinerja Windows 7, Windows Server 2008 dan Windows 8.

Word 2013 memiliki kelebihan berupa dukungan penyuntingan pdf atau Adobe Reader. Antar muka perangkat lunak yang mengusung tema metro, terintegrasi dengan Skydrive, pergeseran gambar yang nampak jauh lebih baik dan tersedia dalam versi 64 bit dan 32 bit. Microsoft Word 2013 juga memiliki fitur unggulan berupa auto formating, macro, mail merge, auto correct, html editor, autopage index dan booklet layout.

Langkah Mengubah Bahasa Pemeriksaan di Microsoft Word 2013

Berdasarkan informasi yang dijabarkan oleh NeoTekno, Word 2013 dapat kita gunakan untuk melakukan pemeriksaan tata bahasa dan ejaan di bahasa yang berbeda-beda. Pemeriksaan tersebut dapat dilakukan pada dokumen tunggal. Pada setiap versi perangkat lunak ini telah dilengkapi dengan beberapa jenis tool yang berfungsi untuk memeriksa bahasa. Pada saat kita menggunakan Office 2013 dalam versi Inggris, sistem operasi telah dilengkapi dengan bahasa Inggris, Perancis dan Spayol. Untuk mendapatkan bahasa lainnya, kita perlu melakukan unduhan di situs Microsoft.

Pada kondisi tertentu, kita mungkin tidak ingin menggunakan tata bahasa atau ejaan pada dokumen. Daripada mengatur Spelling Checker, kita dapat melakukan pemindaian tanpa harus melakukan pemeriksaan. Untuk mengubah bahasa pemeriksaan di Microsoft Word 2013, berikut ini langkah-langkah yang dapat dilakukan:

Mengatur pemeriksaan bahasa

  • Memilih teks atau tulisan yang akan kita periksa bahasanya.
  • Klik tombol Language di tab Review dan dilanjutkan dengan memilih Set Proofing Language.
  • Pilih bahasa yang akan digunakan ketika memeriksa ejaan di tulisan yang kita pilih.
  • Apabila ingin melakukan perubahan bahasa pemeriksaan pada semua dokumen dengan format Normal.dotm, kita hanya perlu mengklik Set As Default dan klik Ok.

Memindah tulisan tanpa melakukan pemeriksaan dilakukan dengan memilih teks yang tidak kita inginkan untuk mendapatkan pemeriksaan. Pilih tombol Language dan pilih Set Proofing Language. Kemudian lanjutkan dengan memberikan ceklis pada pilihan “ Don’t Check Spelling”.

Penambahan Bahasa Penulisan

Pada saat melakukan penulisan di Word, kita terkadang membutuhkan bahasa tertentu yang tidak ada pada bahasa bawaaan Microsoft Word 2013. Untuk itulah, kita dapat menambahkan bahasa masukan penulisan atau bahasa tampilan sendiri. Bahasa penulisan dapat memberikan pengaruh pada tata letak teks dan arah teks. Selain itu, bahasa penulisan dapat juga digunakan untuk memeriksa tata bahasa dan ejaan. Penambahan bahasa penulisan dapat dilakukan dengan membuka Microsoft Word, pilih File dilanjutkan dengan Opsi dan Bahasa. Beri ceklis pada kotak Office Bahasa. Kita dapat memilih bahasa yang diinginkan dan klik “Tambahkan”

Untuk menambah bahasa tampilan, langkah yang dilakukan adalah dengan memilih File, Opsi dan lanjutkan dengan memilih Bahasa. Pada Office bahasa tampilan, kita dapat mengunduh bahasa dari office.com. Pilih bahasa apa yang kita inginkan dan klik “Tambahkan”. Di halaman browser, kita dapat memilih “Unduh: dan dilanjutkan dengan menjalankan paket unduhan. Bahasa yang telah diunduh nantinya tampil pada bahasa tampilan Microsoft Word.