Mitos Dan Cerita Tangkuban Perahu Yang Masih Tumbuh Di Masyarakat

 

Siapa yang tidak tahu cerita tangkuban perahu yang sudah terkenal di kalangan masyarakat. Selain sebagai cerita legendaris ternyata banyak juga ditemui beberapa mitos yang menceritakan seputar tangkuban perahu ini. Apakah anda termasuk orang yang senang dengan cerita rakyat? Jika iya, tidak ada salahnya untuk simak ulasan seputar mitos tangkuban perahu berikut ini.

Mitos Dan Cerita Rakyat Tangkuban Perahu

1.Mitos Telaga Yang Dibangun Sangkuriang

Kisah melegenda yang datang dari Dayang Sumbi dan juga Sangkuriang dipercaya sebagai cikal bakal terbentuknya gunung Tangkuban Perahu yang saat ini dijadikan sebagai kawasan wisata. Kabarnya, dahulu kala disaat Dayang Sumbi mengetahui bahwa Sangkuriang adalah anak kandungnya, ia memberikan syarat sebelum bersedia dinikahi oleh Sangkuriang.

Dimana dalam cerita rakyat yang banyak disematkan pada buku cerita anak ini, dituliskan bahwa Sangkuriang diminta membuatkan telaga disertai dengan sebuah kapal di atasnya. Yang mana semua syarat yang diberikan oleh Dayang Sumbi pada Sangkuriang tersebut harus diselesaikan sebelum matahari terbit.

Namun sayangnya usaha itu gagal sebab Dayang Sumbi berdoa sembari membangunkan beberapa ayam jago untuk berkokok menandakan hari sudah pagi. Mengetahui perbuatan Dayang Sumbi, Sangkuriang pun marah lalu menendang perahu yang sedang dibuatnya hingga terbalik dan jadilah gunung Tangkuban Perahu.

Telaga yang kabarnya dibangun oleh Sangkuriang itu ternyata dapat dibuktikan secara ilmiah. Dimana topografi wilayah dataran tinggi area Bandung tersebut memiliki bentuk cekungan seperti layaknya danau, yang diperkirakan merupakan hasil dari letusan gunung api purba pada zaman dahulu.

  1. Air Kahuripan Dipercaya Memiliki Kekuatan Magis

Di sekitaran Tangkuban Perahu, ada salah satu pemandian yang berada di dalam gua. Pemandian ini dikabarkan merupakan air yang dialiri langsung dari puncak Gunung Tangkuban Perahu. Pada zaman dahulu pemandian air panas ini juga digunakan langsung oleh Dayang Sumbi.

Mata air yang dianggap keramat ini disebutĀ  air kahuripan. Yang mana warga sekitar mempercayai bahwa air tersebut memiliki sederet kekuatan magis. Pasalnya banyak orang yang rela menempuh perjalanan panjang hingga menuju gua ini untuk bisa mendapatkan airnya atau langsung mandi pada area tersebut.

Air kahuripan dipercaya mampu untuk dapat menyembuhkan beberapa penyakit. Satu hal yang paling menarik, bahwa air kahuripan juga diketahui mampu membuat wajah menjadi tampak lebih awet muda. Belum lagi air tersebut bisa menghilangkan rasa pegal, maka banyak orang yang tertarik untuk berkunjung di air kahuripan.

  1. Mitos Keberadaan Jin

Mitos yang beredar, ketika membangun telaga dan juga perahu, Sangkuriang dibantu oleh beberapa pasukan jin agar pekerjaan Sangkuriang bisa cepat selesai sebelum matahari terbit. Hingga saat ini, kabarnya jin penunggu Tangkuban Perahu yang berada pada area tersebut adalah para pasukan jin yang pernah membantu Sangkuriang menyelesaikan syarat dari Dayang Sumbi.

Cerita tangkuban perahu dengan sangkut paut mitos ini, terdapat hal menarik didalamnya. Dimana pengunjung dan juga warga setempat mengaku sering melihat sosok tinggi besar yang berada pada kawasan Tangkuban Perahu. Pengalaman inilah yang memperkuat mitos tentang Sangkuriang yang mengandalkan bantuan jin untuk membangun telaga dan juga perahu.

Itu dia beberapa mitos seputar Tangkuban Perahu yang hingga saat ini masih beredar dan dipercaya oleh banyak masyarakat. Mulai dari pembangunan telaga, keberadaan jin, hingga kehadiran air kahuripan yang dijadikan sebagai salah satu kekuatan magis untuk mendapatkan beberapa khasiat kesehatan yang beragam dan menarik untuk dicoba para wisatawan.

Tags: