Ikan Cupang Halfmoon yang Pernah Diremehkan Orang Banyak

Ikan cupang memiliki sifat agresif, suka menyerang dan merupakan ikan petarung. Tidak hanya dijadikan ikan aduan, ikan cupang dapat pula kita gunakan sebagai ikan hias di rumah. Jika diperhatikan dengan seksama, ada banyak jenis ikan cupang yang mampu membius masyarakat saat ini, salah satunya adalah ikan cupang halfmoon. Ikan ini memiliki gerakan yang berwibawa dan tenang ketika berada di dalam air.

Ikan cupang halfmoon memiliki sirip yang mirip dengan bentuk setengah bulan. Ikan yang dikenal pula dengan nama cupang big ear ini memiliki warna kulit yang beragam, mulai dari merah, ungu, biru pekat dan kuning. Ikan cupang ini merupakan hasil persilangan yang dahulunya sempat diremehkan oleh orang banyak. Kala itu, ikan cupang halfmoon mengikuti kontes internasional pecinta ikan hias IBC. IBC tidak mengakui keberadan ikan cupang ini meskipun ikan memiliki keistimewaan dan keunikannya sendiri.

Sejak mengikuti kontes, ikan halfmoon mulai dikenal di negara-negara Eropa. Meskipun begitu, ikan ini masih saja belum diakui oleh IBC yang memicu perselisihan dan kekecewaan banyak pihak. Pada akhirnya, Perancis, Swiss dan Amerika Serikat membentuk sebuah organisasi yang baru. Organisasi yang terbentuk ini merupakan wadah bagi ikan cupang halfmoon agar dapat mengikuti kontes kelas dunia. Karena itulah, kini ikan cupang halfmoon mulai diakui oleh banyak pihak.