Jalur pendakian Pada Gunung Merbabu

Hampir semua gunung memiliki jalur resmi juga jalur illegal yang dimaksudkan untuk jalur tercepat ke puncak namun, tentunya pada hal ini jalur illegal memiliki jalan yang lebih berbahaya dan sangat tidak disarankan.

Jalur resmi gunung merbabu terdapat 5 jalur beberapa diantaranya,

Jalur selo merupakan jalur pendakian paling sering didaki oleh para pendaki, karena saat melewati jalur tersebut terdapat pemandangan alam yang tentunya sangat memanjakan mata. Jalur selo dimulai dari Kabupaten Boyolali yaitu, yang akan mencapai merbabu dari sisi selatan. Saat musim bunga mekar, dalam perjalanan juga akan disambut dengan hamparan bunga edelweiss yang tentunya hanya bisa dinikmati oleh mata dan hati karena, bunga edelweiss termasuk bunga yang hanya ditemukan dipegunungan. Dan sudah mulai jarang terlihat akibat tangan – tangan nakal.

Adapula jalur suwanting,

Jalur suwanting ini akan mencapai merbabu melalui sisi barat gunung. Jalur pendakian ini dimulai dari Kabupaten Magelang dan memiliki ciri khas yaitu, memiliki rute yang panjang karena melewati hutan lamtoro. Namun, setelah perjalanan melewati hutan tersebut para pendaki langsung disuguhkan pemandangan sabana yang luas dan saat telah mencapai sabana sudah tidak terlalu jauh lagi untuk mencapai puncak trianggulasi.

Demikianlah ulasan jalur resmi pada gunung merbabu, para pendaki tentunya dibebaskan memilih jalur pendakian yang telah resmi juga nyaman untuk didaki agar selain mencapai tujuan yaitu, ke gunung merbabu dapat juga menikmati pemandangan sepanjang jalan.