Jarang Diketahui, Yuk Intip Manfaat Daun Miana untuk Kesehatan

Bagi masyarakat Indonesia, pasti sudah tidak asing lagi dengan tanaman yang bernama miana. Jika tidak familiar dengan namanya, anda tentu begitu akrab ketika melihat rupanya. Sebab tanaman dengan daun warna warni ini banyak dibudidayakan sebagai tanaman hias di dalam negeri. Ternyata tidak hanya sekadar cantik, manfaat daun miana juga melimpah. Apa saja ? Simak ulasannya berikut.

Manfaat dari Daun Miana

  1. Meredakan Gejala Batuk

Batuk adalah salah satu gejala yang paling sering muncul, baik pada anak anak maupun orang dewasa. Meski dianggap sebagai gangguan kesehatan yang umum, namun batuk bisa menyiksa jika tidak segera ditangani. Dalam hal ini, anda bisa memanfaatkan ramuan herbal daun miana untuk membantu mengatasi gejala batuk dengan mengeluarkan dahak yang ada.

  1. Menurunkan Demam

Tidak hanya batuk, penyakit seperti flu biasanya juga membawa gejala lain seperti demam yang tentunya dapat mengganggu berbagai aktivitas. Daun miana bisa kembali anda manfaatkan sebagai obat herbal alami ketika mengalami demam. Cukup rebus beberapa lembar daun dan batang miana dengan tiga gelas air, dan minum air rebusannya untuk mengembalikan suhu tubuh.

  1. Mengatasi Gangguan Saat Menstruasi

Ketika memasuki periode menstruasi, tidak jarang wanita merasakan nyeri haid. Meski nyeri haid ini umum terjadi, bahkan dialami setiap bulannya. Namun membiarkan perut terasa nyeri hingga kram tentu sangat tidak nyaman. Untuk mengatasi masalah tersebut, anda bisa memanfaatkan daun miana. Cara pemanfaatannya tidak jauh berbeda, anda hanya perlu mengonsumsi air rebusannya.

Melihat bahwa tanaman miana banyak dibudidaya sebagai tanaman hias di Indonesia. Maka anda tidak akan sulit menemukan tanaman hias satu ini. Tanamlah di pekarangan atau di dalam rumah, sehingga anda bisa memanfaatkannya sewaktu waktu apabila dibutuhkan. Kendati tidak dimanfaatkan seperti di atas, kehadiran miana sudah membantu membawa kesejukan di rumah.