Manfaat Daun Kenikir untuk Ibu Menyusui, Cocok untuk Lalapan

Daun kenikir merupakan salah satu jenis sayuran yang biasanya dijadikan sebagai lalap atau bahan urap. Bagi ibu menyusui sangat disarankan mengonsumsinya karena kaya akan manfaat. Ini dia ulasan lebih lengkap manfaat daun kenikir untuk ibu menyusui.

Aneka Manfaat Daun Kenikir untuk Ibu Menyusui

Asupan makanan ketika menyusui memang harus diperhatikan. Daun kenikir dapat menjadi pilihan sayuran lain yang lezat untuk dikonsumsi. Ini dia beberapa manfaatnya untuk ibu menyusui.

  1. Menambah Nafsu Makan

Daun kenikir mengandung zat quercetin serta kinoferil. Nafsu makan yang baik selama menyusui tentu akan membuat produksi ASI semakin lancar. Kualitas ASI diharapkan juga lebih baik dengan nafsu makan yang stabil.

  1. Meningkatkan Imunitas

Ibu menyusui harus memiliki imun tubuh yang baik. Sistem kekebalan tubuh yang optimal akan membuat produksi ASI lebih lancar. Ibu menyusui juga tidak rentan sakit sehingga proses pemberian ASI minim kendala. Sistem imun yang terjaga berkat adanya vitamin A, C, dan E yang ada pada kenikir.

  1. Membantu Mengatasi Masalah Payudara

Ketika menyusui biasanya akan timbul beberapa masalah pada payudara, mulai dari peradangan, ASI yang terus keluar tidak ada hentinya, hingga pembengkakan. Daun kenikir membantu mengurangi masalah tersebut dengan kandungan quercetin yang baik untuk mengempiskan peradangan.

Nutrisi yang Ada Pada Kenikir

Di balik manfaatnya yang beragam, sejumlah nutrisi terdapat pada daun berukuran mungil ini. Nutrisi inilah yang sangat diperlukan bagi ibu menyusui agar proses memberikan ASI lebih lancar.

  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Vitamin E
  • Quertecin
  • Kalsium
  • Serat
  • Aneka mineral lainnya

Manfaat daun kenikir untuk ibu menyusui memang begitu baik untuk kesehatan. Apabila Anda memiliki riwayat alergi pada sejumlah bahan makanan, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum memutuskan mengonsumsinya.