Mengenal Bir Pletok, Oleh-Oleh Menyehatkan Khas Jakarta

Jangan salah, bir pletok merupakan salah satu oleh oleh khas Jakarta. Tak perlu ragu, meskipun disebut bir minuman ini sama sekali tidak berbahaya. Apalagi memabukkan. Namun, justru banyak manfaatnya. Lantas, apa itu bir pletok?

Bagi sebagian orang, bir pletok mungkin masih disangsikan. Tak heran, jika Anda juga ragu untuk membelinya ketika berkunjung ke Jakarta. Padahal, bir pletok merupakan minuman herbal khas Betawi.

Jika bir pada umumnya mengandung alkohol, maka bir pletok tidak. Mengapa? Karena bir ini terbuat dari rempah alami yang menyehatkan seperti lada, jahe, dan kulit kayu secang. Dan kayu secang inilah yang membuat warna bir terlihat merah dan menarik.

Dengan demikian, bir pletok punya banyak khasiat ketika Anda meminumnya. Di antaranya berguna untuk melancarkan peredaran darah, mengatasi migrain dan nyeri sendi, mengobati nyeri lambung, serta menghangatkan badan.

Selain menyehatkan, cita rasa bir ini juga sangat unik. Karena rasanya manis, hangat, serta sedikit pedas. Selain itu, aromanya juga sangat harum dan menenangkan. Jadi, sangat direkomendasikan sebagai buah tangan untuk keluarga Anda di rumah.

Untuk harganya relatif terjangkau. Biasanya, dipatok mulai harga Rp 15.000 ke atas. Tergantung pada besar atau kecilnya ukuran botol yang digunakan.

Demikian ulasan tentang bir pletok khas Jakarta. Minuman tradisional Betawi yang dapat dijadikan pilihan oleh-oleh ketika Anda pergi ke Kota Jakarta. Jadi, bir pletok bukanlah miras tapi minuman herbal yang menyehatkan tubuh Anda dan keluarga.