Penasaran Dengan Alat Musik Perkusi? Kenali 3 Jenisnya

 

Instrumen musik perkusi adalah alat musik yang memiliki banyak varian. Pada dasarnya, instrumen perkusi merupakan benda apapun yang dapat menghasilkan suara dengan cara dipukul, atau digoyang. Simak 3  jenis instrumen perkusi berikut ini.

Jenis Instrumen Perkusi Yang Memberikan Alunan Khas

1.Timpani

Timpani atau sering juga disebut kattledrum adalah alat musik seperti drum dan merupakan keluarga perkusi. Alat musik ini berupa seperti lembaran kulit yang disebut sebagai kepala, yang dikenakan di atas sebuah mangkuk besar yang terbuat dari tembaga.

Metode permainan alat musik yang satu ini menggunakan cara dipukul pada bagian kepalanya. Tidak menggunakan tangan, tapi timpani dipukul menggunakan stik khusus timpani atau timpani mallet.

  1. Djembe

Alat musik perkusi selanjutnya yaitu djembe yang dimainkan melalui cara dipukul menggunakan jari ataupun telapak tangan. Badan alat musik ini terbuat dari kayu yang telah dipahat menggunakan mesin ataupun pahatan tangan dalam bentuk menyerupai cawan.

Pada bagian atas djembe, terdapat selaput yang menghasilkan getaran apabila dipukul. Biasanya bagian ini terbuat dari kulit hewan yang telah dikeringkan. Diantaranya seperti kulit kambing, sapi, ataupun hewan lainnya.

  1. Xilofon

Xilofon merupakan satu set alat perkusi yang terbuat dari bahan dasar kayu. Yang mana posisinya tersusun rapi secara paralel. Cara memainkan xilofon yakni dengan cara dipukul menggunakan tongkat pemukul.

Suara atau bunyi yang dihasilkan dari xilofon bisa ditentukan dengan alat pemukul yang digunakan oleh pemainnya. Apabila kepala dipukul keras, maka suara yang dihasilkan menjadi tajam. Sebaliknya jika pemukul yang digunakan lembut, maka suaranya juga terdengar lembut.

Itulah beberapa instrumen perkusi yang kerap kali digunakan sebagai iringan musik ataupun dimainkan secara tunggal. Bila anda tertarik untuk mendengarkan alunan nada yang diciptakan, tentu anda bisa dengan mudah melihatnya di pertunjukan musik atau mendengarkannya di internet.