WISATA KALIURANG JOGJA

 

Kaliurang merupakan salah satu kawasan di Jogja yang memiliki banyak destinasi wisata menarik, salah satunya adalah Hidden Place Ledok Sambi.

Hidden Place Ledok Sambi

Ada banyak destinasi wisata yang masuk dalam paket wisata jogja di Kaliurang.  Tapi beberapa tempat dianggap istimewa.  salah satunya adalah ledok sambi.  objek wisata ini kabarnya dijagokan jadi salah satu hidden place dengan panorama alam indah.

Walaupun tempat ini sudah dijadikan sebagai tempat wisata tetapi masih sedikit warung yang ada di tempat ini, hanya ada warung kecil penyedia jasa outbound yang dibangun sejak tahun 2014.

Aktivitas di Wisata Kaliurang Jogja Ledok Sambi

Ada aktivitas seru yang bisa dilakukan di ledok Sambi. diantaranya piknik di tepian sungai. Selain itu wisatawan juga bisa main flying fox,  main paintball dan juga nikmati sajian yang dihidangkan.

Kalau ingin piknik,  sudah disediakan tikar untuk duduk duduk di teli sungai. bisa juga berteduh di gazebo kalau terik atau hujan. wisatawan juga bisa duduk duduk di kursi dan meja di seberang tenda gazebo. Kalau ingin lesehan jjuga tersedia meja lesehan.

Untuk camping,  bisa masuk tenda tapi sementara masih terbatas untuk tamu dari Jogja saja. Ada pembatasan camping di tempat ini hanya maksimal 30 orang atau 4 keluarga saja. Jarak satu keluarga agak jauh satu dengan lainya.

Untuk anak-anak ada juga ban pelampung yang bisa digunakan untuk bermain disungai, sehingga orang tua juga harus mendapingi anak-anak ketika bermain disungai agar lebih aman.

Ada juga aktivitas river tubing yang bisa disewa anak-anak dengan harga sewa 20 ribu per anak. Tetapi sampai saat ini juga belum bisa dioperasikan karena belum ada pagar pembatasnya.

Kamu bisa mengunjungi Desa Wisata Sambi ketika ingin berada di Ledok Sambi dan pengoperasian objek wisata ini bekerjasama dengan desa setempat.

Ibu ibu di desa ikut siapkan makanan untuk dijual di paket outbound.

Harga tiket masuk Ledok Sambi

Untuk lokasi tepatnya dari Ledok Sambi yaitu di KM 19 jalan Kaliurang di dusun Pakem, Selaman. Untuk jam buka mulai 8 pagi sampai 5 sore.

Untuk sekarang wisatawan bisa masuk kesana gratis. Pihak pengelola wisata sediakan kotak sukarela.  kecuali kalau ingin piknik di pinggir sungai.  Pengunjung bisa beli makanan seperti tempe mendoan, kentang goreng,  nasi sayur dan jajanan tradisional lainya dengan harga terjangkau.

Untuk minumannya tersedia seperti arabika, kopi merapi,  cokelat ledok dan lain lain.

Harga makananya Rp 4 ribu – Rp 18 ribu. Sedangkan harga minuman sekitar Rp 5 ribu – Rp 15 ribu.

Untuk naik flying fox, kamu harus mengeluarkan biaya sewa Rp 25 ribu per orang. Sedangkan untuk paintball dibanderol Rp 50 ribu per orang (minimal dua orang pemain)

Wisatawan yang datang bersama anak-anak ingin main di sungai, mereka bisa pinjam ban seharga Rp 10.000 dipakai sepuasnya.

Sementara bagi yang kemah di lembah sungai dikenai biaya Rp 35 ribu per orangnya. Jika ingin menyewa tenda untuk kapasitas 4 orang maka harga sewanya adalah 120 ribu per malamnya.

Waktu penyewaan adalah dari jam 3 sore dan waktu selesai sampai jam 2 siang. Cuma dapat tenda dengan alas kayu dan matras.  keperluan masak wisatawan bisa bawa sendiri. atau bisa pesan makanan ke warga desa wisata sambi lewat kontak yang diberikan pihak pengelola.

Nah itulah informasi tentang wisata kaliurang jogjakarta.  yakni Ledok Sambi.  Mungkin belum populer seperti wisata di kaliurang lainya dan di jogja pada umumnya.  Ledok sambi masih sederhana baik spot yang ditawarkan maupun sistem pengelolaanya.  Namun harus didukung karena bagaimanapun adalah potensi besar yang jika dikembangkan tidak hanya berdampak bagi majunya pariwisata di daerah setempat tapi juga berdampak terhadap peningkatan perekonomian warga.

 

Tags: