3 Cara Mengatasi Flu Saat Hamil, Bumil Wajib Tahu

 

 

Saat mengandung, Ibu hamil cenderung memiliki tubuh yang lemah dan sistem imun menurun. Kehamilan juga menguras energi ibu lebih besar. Sehingga lebih rentan terserang penyakit seperti flu. Walaupun tidak membahayakan janin, kondisi ini dapat mengganggu aktivitas Bumil. Oleh karenanya harus segera diatasi untuk kesehatan janin. Berikut cara mengatasi flu saat hamil.

 

Cara Mengatasi Flu Pada Ibu Hamil

 

  1. Menambah waktu istirahat

 

Saat sedang sakit, ibu hamil dianjurkan untuk lebih banyak beristirahat. Agar daya tahan tubuh Bumil dapat bekerja secara optimal, sehingga lebih cepat pulih. Ibu hamil tidak harus beristirahat saat malam saja, istirahat dengan tidur siang atau beristirahat di sela waktu bekerja atau beraktivitas sangat penting.

 

  1. Mengonsumsi buah dan sayuran

 

Bumil harus menjaga kesehatannya dan janin dengan mengonsumsi makanan sehat. Beragam buah dan sayuran dapat menjadi pilihan untuk dikonsumsi, karena mengandung banyak vitamin dan antioksidan yang bisa mempercepat pemulihan. Ibu hamil juga bisa menambahkan suplemen multivitamin agar sistem imun semakin meningkat.

 

  1. Membatasi kontak dengan penderita

 

Ibu hamil harus menghindari kontak langsung dengan penderita flu. Bila tinggal satu rumah, penderita flu harus mengenakan masker. Jika sedang berada di tempat umum, Bumil disarankan untuk menggunakan masker agar tidak tertular kuman penyakit yang ada udara. Sebaiknya ibu hamil banyak menghabiskan waktu di rumah agar flu saat hamil dapat segera teratasi.

 

Flu yang diderita ibu hamil memang umum terjadi. Namun bila terdapat keluhan tak kunjung membaik atau disertai gejala parah, seperti sesak napas, dan sebagainya. Sebaiknya bumil segera berkonsultasi ke dokter. Tentu dokter akan melakukan pemeriksaan dan memberikan penanganan yang tepat bagi ibu hamil.