Mengenal Acara Aqiqah dan Persiapan yang Harus Dilakukan

 

Aqiqah adalah sebuah acara yang dilakukan sebagai ungkapan rasa syukur atas kelahiran sang anak. Aqiqah ini dilaksanakan dengan cara menyembelih hewan qurban yaitu kambing. Jumlah kambing yang akan disembelih tergantung jenis kelamin si anak. Jadi jika laki-laki, kambing yang akan dipotong adalah 2 ekor sedangkan untuk anak perempuan, kambing yang dipotong hanya 1 ekor saja. Aqiqah anak hanya diberlakukan untuk orang-orang yang mampu saja. Jadi jika ada keluarga yang baru saja memiliki anak dan ternyata keluarga mampu mengadakan acara aqiqah, maka hukum acara aqiqah untuk keluarga tersebut adalah sunnah dan dilaksanakan di hari ketujuh kelahiran bayi . Tapi bila di hari ketujuh belum bisa terlaksana bisa di hari ke empat belas. Dan bila masih belum dilaksanakan, maka bisa dilakukan di hari ke dua puluh satu  dan jika tidak bisa, maka kapan saja tidak masalah karena hari-hari tersebut adalah hari yang disunnahkan saja bukan diwajibkan.

Mengenal Apa Itu Acara Aqiqah?

Aqiqah adalah proses penyembelihan hewan yang dilakukan pada hari ketujuh setelah bayi lahir ke dunia. Maksud dari penyembelian hewan berupa kambing ini adalah sebagai ucapan syukur kepada Allah SWT atas kelahiran seorang bayi dalam sebuah keluarga. Untuk syarat kambing yang bisa digunakan untuk acara aqiqah adalah kambing harus berusia satu tahun atau baru masuk ke usia dua tahun. Jika hewan yang akan digunakan bukan kambing melainkan domba, maka akan sempurna domba ini jika usianya sudah enam bulan yang akan memasuki bulan ketujuh. Dan hewan-hewan yang akan digunakan untuk aqiqah adalah hewan yang tidak cacat atau memiliki penyakit. Jika sudah disembelih, daging kambing tersebut tidak boleh dijual.

Persiapan yang Dilakukan Sebelum Aqiqah

Acara aqiqah bisa dikatakan acara yang besar. karena itu, butuh beberapa persiapan supaya ibadah aqiqah ini bisa berjalan lancar. Persiapan pertama adalah lembaga aqiqah. Kamu bisa serahkan urusan aqiqah ini ke lembaga aqiqah supaya acara jadi tambah mudah dan juga praktis. Dengan pihak yang sudah lebih berpengalaman ini, acara aqiqah yang dilakukan akan berada di koridor syar’i. Apalagi dalam acara aqiqah akan ada hewan yang disembelih dan dijadikan sebagai makanan, tentu kualitas daging dan juga makanan yang akan diolah pun harus benar-benar diperhatikan. Kemudian, kamu juga harus tentukan ustadz yang ingin diundang. Jika kamu menggunakan lembaga aqiqah, pilih yang menyediakan fasilitas seperti ustadz ini dalam programnya.

Dalam prosesi aqiqah, cukur rambut menjadi prosesi yang cukup penting. Meski ini hanya sebagai simbolis, tapi kamu harus siapkan alat cukur ranbut dengan baik. Alat yang harus kamu persiapkan adalah mesin cukur atau bisa juga gunting yang diberikan hiasan pita serta tempat untuk menyimpan rambut yang terbuat dari nampan atau batok kelapa.Jika kamu ingin acara aqiqah berlangsung dengan meriah, kamu bisa pikirkan pula soal tenda dan juga sound systemnya. Kamu juga perlu membuat dekorasi di rumah supaya acara jadi lebih menarik dan seru. Jika kamu ingin membuat dekorasi, tentu kamu butuh bunga warna-warni yang indah. Bunga ini bisa kamu dapatkan dari toko papan bunga Cilacap. Tenang saja, harga bunga-bunga di toko ini terjangkau. Dan terakhir, siapkan juga undangan yang akan diberikan untuk orang-orang supaya datang ke acara aqiqah anakmu. Untuk undangan aqiqah biasanya desain yang disematkan akan berbeda dengan undangan pernikahan.

 

Tags: