Apa Itu Affiliate Marketing dan Benarkah Bisa Menghasilkan Uang Mudah?

Dalam dunia pemasaran seorang pemasar harus memiliki jiwa yang militan, tekun dan mampu mengumpulkan informasi yang dibutuhkan untuk secara efektif menggunakan beragam cara dalam menarik pelanggan. Kegigihan, ketekunan dan disiplin menjadi kunci utama pemasar yang sukses. Pemahaman ini dulu selalu disampai di berbagai seminar atau buku-buku pelajaran dan panduan untuk pemasar. Para pemasar harus mengikuti hal ini jika mereka ingin mencapai kesuksesan yang besar. Untuk dapat menjadi pemasar yang baik sebuah usaha keras harus dikerahkan.

Tapi itu dulu, sekarang pemasar bahkan bisa menghasilkan uang pada saat mereka tidur. Sebuah konsep pemasaran membuat seseorang bisa mendapatkan uang tanpa harus berusaha terlalu keras. Yang mereka perlukan adalah kreatifitas, media dan affiliate marketing.

Pengertian dan Aplikasi Affiliate Marketing

Affiliate marketing hampir sama dengan menempatkan sebuah produk makanan pada warung serba ada atau rumah makan yang laris. Jika produk tersebut sesuai dengan makanan yang disediakan di rumah makan maka produk tersebut akan ikut menjadi laris. Biasanya rumah makan diberikan komisi dan diberikan kebebasan untuk menjual lebih mahal dari pada harga yang ditetapkan produsen produk makanan tersebut.

Walaupun tidak benar-benar sama tapi affiliate marketing menggunakan konsep serupa. Seorang yang berhasil mempromosikan sebuah produk akan mendapatkan komisi dari penjualan produk yang dipasarkan. Sistem pemasaran dilakukan dalam media digital dan biasanya pemasar sudah memiliki media sendiri untuk memasarkan atau mempromosikan produk tersebut. Di sebuah blog  atau website populer seseorang bisa ikut menjadi affiliate marketer dan memasang banner dari perusahaan dagang atau brand tertentu pada website atau blog yang dimiliki. Beberapa konten juga ditambahkan agar orang-orang bisa tertarik untuk menggunakan banner dan memutuskan untuk membeli produk yang ditawarkan. Metode ini merupakan cara termudah untuk menghasilkan uang karena seseorang tidak benar-benar secara aktif memasarkan tapi mereka hanya menempatkan produk pada tempat yang mudah terlihat.

Orang yang akan memiliki memasarkan sebuah produk akan disebut dengan merchant. Orang yang ikut memasarkan akan disebut dengan affiliate. Keduanya bekerja untuk menyasar kelompok yang sama yaitu pelanggan.

Cara Mendapatkan Uang dengan Sistem Affiliate Marketing

Langkah yang diperlukan untuk menjadi affiliate cukup sederhana. Langkah pertama adalah mencari sebuah perusahaan yang menawarkan peluang untuk menjadi affiliate. Perusahaan yang dipilih biasanya menawarkan produk yang cocok dengan media yang dimiliki affiliate. Langkah ini cukup penting tapi terkadang affiliate tidak terlalu mempermasalahkan hal ini karena mereka hanya perlu membuat blog, website atau konten yang bagus dan memasang banner yang sudah diberikan oleh merchant pada tempat yang mudah dilihat. Ketika pengguna internet melihat banner tersebut dan merasa membutuhkan produk yang ditawarkan, mereka akan menggunakan banner dan mungkin akan melakukan pembelian. Pada saat pembelian dilakukan affiliate akan mendapatkan komisi dari hasil penjualan tersebut.

Permasalahan konten kembali menjadi hal yang penting dalam bisnis ini. Walaupun demikian menjadi affiliate sukses tanpa memiliki banyak kreatifitas dan pengetahuan sangat mungkin terjadi. Ada banyak fasilitas digital advertising agency yang dapat membantu masalah konten agar blog atau website bisa terus populer. Selain itu pemilik website juga harus menerapkan berbagai hal lain agar mereka menjadi affiliate yang sukses yaitu dengan memastikan website berada pada peringkat yang baik pada mesin pencari dan menjadi populer dengan memperkenalkan website melalui iklan atau media sosial lain. Langkah ini tidak benar-benar membutuhkan usaha dan dapat dilakukan siapa saja.