Apa Itu VPS

Virtual Private Server atau yang biasa disingkat VPS merupakan teknologi server virtualisasi yang mampu membagi server fisik menjadi beberapa bagian virtual server untuk digunakan oleh satu user. Dengan kata lain, VPS lebih aman dibanding layanan shared hosting. Berbeda dengan shared hosting yang berbagi server dengan banyak pengguna, VPS hanya untuk sendiri.

Artinya, saat menggunakan VPS, Anda tidak akan ikut mendapat masalah dari pengguna lain, kecepatan yang lebih baik, serta keamanan dan kustomisasi yang lebih baik dibanding layanan shared hosting.

Jenis VPS

Di samping mengerti apa itu VPS, Anda juga perlu tahu jenis-jenisnya. Dengan begitu, Anda dapat memutuskan mana yang sesuai. Jenis-jenis VPS adalah sebagai berikut.

  1. Open Vz

Open Vz merupakan VPS yang saat ini paling banyak dijual. VPS jenis ini hanya mendukung sistem opersi Linux sehingga pengguna Windows harus memilih VPS lainnya. Penyedia VPS Indonesia umumnya menjual VPS Open Vz lebih mahal karena penggunaan resource yang lebih rendah dibanding VPS jenis lain.

  1. HVM

Virtualisasi VPS Hardware Virtual Machine alias HVM berada di tingkat kernel di mana VPS ini memberikan kebebasan secara penuh kepada pengguna hardware. Jika dilihat dari segi fitur, VPS HVM ini cocok digunakan untuk toko online serta website-website besar yang butuh server dengan kemampuan mumpuni.

  1. KVM

KVM adalah sebutan dari Kernel Based Virtual Machine. VPS yang satu ini mampu terhubung dengan hardware dan melakukan komunikasi, tidak seperti VPS Open Vz yang butuh sistem operasi untuk berkomunikasi. Hal inilah yang menjadi keunggulan dari VPS KVM sehingga VPS ini disarankan bagi Anda yang butuh VPS dengan kemampuan penuh.

  1. Microsoft Hyper V

Microsoft Hyper V merupakan VPS yang mendukung sistem operasi Windows. VPS ini memiliki kelebihan yaitu kemudahan dalam penggunaan. Hal ini dapat terjadi karena semua panel telah menggunakan Graphic User Interface (GUI). Meski begitu, jika dilihat dari segi biaya, VPS ini lebih mahal dari VPS Linux karena perlu membeli lisensi Windows.

Kapan Harus Menggunakan VPS?

VPS adalah solusi tepat apabila layanan shared hosting yang digunakan sudah sampai pada batasan dan tidak mampu lagi untuk menampung beban. Berikut ini beberapa tanda yang menunjukkan bahwa Anda harus segera menggunakan VPS.

  1. Loading Time Website Lama

Kekurangan shared hosting salah satunya adalah spesifikasi hardware yang terbatas. Oleh karena itu, akan sulit untuk melakukan optimasi agar loading time website menjadi lebih cepat. Dari segi customisasi software, shared hosting juga memiliki batasan, tidak seperti VPS.

  1. Traffic Website Meningkat

Traffic website yang meningkat adalah salah satu faktor yang mempengaruhi penggunaan VPS. Pasalnya, apabila traffic website telah meningkat hingga mencapai ribuan, Anda perlu beralih ke VPS agar loading time dan akses ke website menjadi lebih cepat.

  1. Butuh Software Custom

Jika Anda membutuhkan software custom, maka sudah saatnya Anda beralih pada VPS. Pasalnya, VPS memungkinkan Anda untuk menginstal software secara bebas, tidak seperti shared hosting.

  1. Menyimpan Data Private

Anda juga perlu beralih ke VPS jika ingin data yang disimpan lebih private karena sifat VPS yang lebih aman dibanding shared hosting.

Apa itu VPS dan informasi internet dapat diakses di Ngetik.id. Selain memberikan informasi tentang internet, Ngetik.id juga menyediakan tips dan trik bagi Anda yang ingin membuat blog.