Asal Usul Nama Indonesia

 

Indonesia merupakan negara di Asia Tenggara. Merupakan Negara dengan memiliki pulau terbesar di dunia karena memiliki sekitar 17.504 pulau. Nama alternatif lain untuk menyebut indonesia adalah Nusantara. Populasinya mencapai 270.203.917 jiwa di tahun 2020. Menempatkan negara ini dengan penduduk terbesar keempat dan berpenduduk muslim terbesar di dunia (lebih dari 230 juta jiwa).

Indonesia berbentuk negara kesatuan dengan pemerintahan republik. Ibukotanya Jakarta. Negara ini berbatasan darat dengan negara malaysia di pulau sebatik dan pulau kalimantan.  di Pulau Papua dengan Papua Nugini dan di Pulau Timor dengan Timor Leste. Negara tetangga lainnya yakni filipina singapura australia, nicobar dan andaman.

Asal usul Nama Indonesia

Asal usul nama Indonesia berasal dari kata dari bahasa Yunani kuno yakni indus, merujuk sungai Indus di India dan nesos yang artinya”pulau”. Sehingga kata Indonesia artinya kepulauan India atau kepulauan di wilayah india merujuk persamaan antara dua bangsa. (India dan Indonesia).

Seorang etnolog berkebangsaan Inggris Tahun 1850, bernama George Windsor Earl,, mulanya usulkan istilah Indunesia dan Malayunesia yang memiliki arti sebagai Kepulauan Hindia atau Kepulauan Melayu.

Dan kemudian Murid dari Earl, James Richardson Logan, memakai kata Indonesia untuk sinonim dari Kepulauan India. Tapi penulisan akademik Belanda di media Hindia Belanda tidak memakai kata Indonesia, melainkan istilah Kepulauan Timur (de Oost); Melayu (Maleische Archipel); Hindia Timur Belanda (Nederlandsch Oost Indië), atau Hindia (Indië);dan bahkan Insulinde.

Sejak tahun 1900, nama Indonesia kemudian jadi lebih populer di lingkungan akademik luar belanda. Dan para nasionalis Indonesia memakainya guna ekspresi politik. Pelajar Indonesia pertama yang memakai nama Indonesia ialah Ki Hajar Dewantara atau nama aslinya adalah Suwardi Suryaningrat , pada tahun 1913saat ia dirikan kantor berita di Belanda dengan nama Indonesisch Pers Bureau.