Berbagai Macam Manfaat Kacang Hijau Bagi Ibu Hamil

Kacang hijau termasuk salah satu jenis polong-polongan yang umumnya diolah menjadi bubur kacang hijau. Selain rasanya yang lezat, kacang hijau memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil. Ibu hamil dihimbau untuk mengkonsumsi makanan yang tinggi nilai gizinya. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga kesehatan ibu sekaligus memenuhi kebutuhan nutrisi bayi agar bisa tumbuh secara sempurna. Banyak kejadian dimana ibu kurang mengkonsumsi makanan bergizi sehingga terjadi bayi cacat lahir. Anda bisa meminimalisir resiko kejadian tersebut dengan mengkonsumsi makanan tinggi gizi, salah satunya adalah kacang hijau.

Beberapa kandungan kacang hijau adalah karbohidrat, vitamin A, serat, Vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, asam folat, dan mineral.

  1. Karbohidrat

Karbohidrat dalam kacang hijau berfungsi sebagai sumber energi.

  1. Vitamin A dan C

Sedangkan vitamin A dan C berfungsi untuk menangkal radikal bebas. Oleh karena itu, kacang hijau juga ikut menjaga sistem imun dalam tubuh.

  1. Vitamin B! Dan B2

Kandungan vitamin B1 dan B2 berfungsi untuk mengurangi gejala morning sickness seperti yang sering dialami ibu hamil trimester pertama.

  1. Asam Folat

Seperti yang sudah kita ketahui, asam folat dan mineral membantu perkembangan janin secara sempurna. Hal ini sering kali disepelekan oleh ibu hamil dan berakibat pada bayi cacat lahir. Untuk menghindarinya, anda bisa mengkonsumsi kacang hijau. Selain diolah menjadi bubur, kacang hijau juga sering diolah menjadi bolu, puding, dan isian roti.