Cara Edit Video Yang Mudah Untuk Pemula

Ada banyak yang mulai tertarik untuk mencoba dunia editor karena peluang kerjanya yang semakin luas. Berapapun usia anda, tidak akan terlambat untuk beajar bagaimana cara untuk mengedit video. Ada banyak tips dan cara edit video yang mudah untuk pemula. Dari berbagai sumber di internet dan youtube banyak yang berbagai tentang bagaimana cara untuk mengedit video yang lebih mudah bagi pemula termasuk rekomendasi aplikasi edit video yang mudah dikuasi oleh pemula.

Cara Mengedit Video Bagi Pemula

Untuk cara mengedit video yang mudah bagi pemula anda harus belajar dulu tentang tahap mengedit video. Berikut ini adalah tahap mengedit video untuk pemula:

  1. Buah folder khusus yang didalamnya berisi video yang akan anda sunting dan telah disusun berdasarkan mana yang bagian awal sampai bagian akhir. Cara ini akan memudahkan untuk menemukan video yang harus diedit.
  2. Membuka apikasi penyunting video. Apapun aplikasi yang anda pakai untuk menyunting video yang anda miliki harus sesuai dengan media yang anda pakai. Setelah membuka aplikasi edit video langsung atur dulu kualitas gambar mulai dari standart hingga high definition.
  3. Memasukkan video. Buka lembar kerja baru di aplikasi penyunting video, impor file dari folder pertama tadi untuk memilih video yang ingin anda edit. Buka file video ke lembar kerja video yang anda buka tadi.
  4. Menyusun gambar. Pilih dan susun klip video yang ada di lembar kerja anda agar membentuk alur yang terhubung satu sama lain, caranya dengan menggeser klip dan meletakkannya pada titik baru  secara perlahan dan selangkah demi selangkah.
  5. Memotong gambar. Bagian ini dilakukan untuk menghilangkan bagian dalam video yang kurang penting seperti bagian video yang goyang dan kurang mendukung alur video.
  6. Memberikan efek transisi. Tujuan melakukan ini adalah untuk memperhalus  perpindahan setiap bagian dalam video. Efe transasi yang teah umum dilakukan adaah fade in dan fade out.

Rekomendasi Aplikasi Edit Video Untuk Pemula

Bagi yang baru mulai belajar tentang cara mengedit foto, Pondband.net memiliki beberapa rekomendasi aplikasi yang paling mudah untuk pemula. Yang pertama, adobe premiere pro yang banyak digunakan karena memiliki fitur lengkap, mendukung proses editing sederhana sampai rumit. Memakai aplikasi ini harus membeli secara resmi

Yang kedua, Apple iMovie, aplikasi yang memiii banyak fitur editing manual yang coco untuk pemula. Untuk menggunakan aplikasi ini anda harus membeli android keluaran apple. Selain itu anda juga harus membayar untuk menggunakan aplikasi ini. Yang ketiga, coral video photo, memiliki banyak template bagi video opening, filter hingga background musik. Keurangan aplikasi ini adalah tidak memiliki fitur sebanyak yang ada di adobe primere pro.

Yang keempat, Viva Video adalah aplikasi yang paling banyak dipakai untuk mengedit video dari android dan iphone. Aplikasi ini dapat membantu untuk memotong dan menggabungkan video. Ada banyak efek dan stiker yang bisa mempercantik video anda. Yang kelima, lightworks adalah aplikasi yang freeware atau gratis dan menghasilkan editing yang maksimal. Namun aplikasi yang satu ini ukurannya cukup besar.

Coba mulai dengan step by step yang tadi telah disebutkan dan menggunakan salah satu aplikasi edit video yang tadi disebutkan. Bagi pemula yang paling penting adalah banyak belajar dan membaca cara mengedit video dan menentukan alur dari video yang nanti akan di edit dengan salah satu aplikasi di atas.