Yuk Simak Cara Membuat Application Letter Untuk Kerja yang Baik dan Benar

Application letter merupakan salah satu syarat utama untuk melamar suatu pekerjaan yang diinginkan. Application letter atau yang lebih dikenal sebagai surat lamaran kerja ini memang perlu diperhatikan cukup detail. Sebab, tak sedikit perusahaan yang mengharuskan kriteria khusus. Agar tak salah, yuk simak cara membuat application letter untuk kerja yang baik dan benar berikut.

Mengenal Tujuan Pembuatan Application Letter

Syarat untuk masuk ke perusahaan atau sebuah pekerjaan dengan menggunakan application letter. Surat lamaran pekerjaan ini harus ditulis dengan kriteria khusus, sesuai dengan yang disyaratkan oleh suatu perusahaan. Bahkan, ada beberapa perusahaan yang mengharuskan pelamarnya untuk menulis dalam bahasa Inggris.

Apabila surat lamaran pekerjaan yang anda ajukan ditulis dengan baik dan memenuhi persyaratan perusahaan, maka peluang mendapat panggilan bisa lebih besar. Surat lamaran tersebut bisa menjadi pertimbangan seseorang bisa diterima atau dipanggil oleh perusahaan untuk mengikuti tes selanjutnya.

Penulisan Application Letter ini memungkinkan anda untuk menjual kemampuan diri karena keunggulan yang anda miliki pada Curriculum Vitae (CV). Tak hanya itu saja, surat lamaran pekerjaan ini juga memberikan kesempatan bagi anda untuk menyertakan materi yang tidak bisa masuk dalam CV anda khususnya kualifikasi pribadi ketika mempersiapkan diri untuk melamar kerja.

Tak hanya itu saja, application letter ini juga memberikan gambaran keseluruhan bagaimana prospektif karyawan atau pegawai kemudian hari dengan pertimbangan lebih baik. Meskipun ada juga media elektronik yang lebih canggih, namun bagi banyak pegawai dari segelintir lembaga atau perusahaan, hal tersebut bisa menjadi pertimbangan dalam berkomunikasi secara efektif.

Bagian Bagian yang Harus Ada Pada Application Letter

Format penulisan application letter perlu diperhatikan dengan teliti ketika ingin melamar pekerjaan di suatu perusahaan atau lembaga. Anda perlu mengetahui contoh application letter singkat yang baik dan benar untuk menjelaskan detail surat lamaran kerja. Setidaknya, ada beberapa elemen yang harus diperhatikan ketika ingin menulis application letter.

Pertama, anda perlu menuliskan heading atau awalan pada surat tersebut. Biasanya hal ini diawali dengan alamat dari surat penulis. Kemudian, dilanjutkan dengan alamat dari perusahaan yang ingin dituju. Hal ini sangat penting diperhatikan agar pihak pengirim tidak salah alamat. Jangan lupa menuliskan secara jelas dan mudah dibaca.

Tak lupa, selalu sertakan penulisan seseorang yang anda tuju atau pihak perekrut. Tuliskan nama dari perekrut beserta jabatannya di perusahaan atau lembaga tersebut dengan alamat lengkapnya. Selain itu, anda juga perlu menuliskan bagian subjek mengenai pekerjaan yang dilamar beserta nama yang anda miliki. Hal ini sangat penting diperhatikan jika melamar pekerjaan secara online.

Menuliskan nama pada subjek yang ada pada surat elektronik akan memudahkan perekrut mengenai nama dan posisi yang anda lamar. Mulailah penulisan surat application letter ini dengan greeting. Kemudian, jelaskan pada paragraf utama mengenai tujuan dibuatnya surat lamaran tersebut. Sebutkan dimana anda menemukan informasi pekerjaan tersebut.

Paragraf kedua harus diisi dengan kemampuan serta pengalaman kerja yang pernah dilakukan. Sebutkan juga kenapa anda sangat cocok pada posisi pekerjaan tersebut. Sedangkan pada paragraf selanjutnya, anda bisa memberikan ucapan terima kasih pada pihak perekrut. Untuk cara membuat application letter selanjutnya bisa ditutup dengan signature.

Membuat application letter agar dapat dikenali oleh  pihak recruiter memang tidak sesulit yang dibayangkan. Yang anda butuhkan yaitu keterampilan menulis yang baik dan benar. Selain itu, anda juga memerlukan cara penyampaian yang efektif dengan bahasa yang mudah dimengerti. Dengan begitu, peluang anda mendapatkan posisi yang dilamar lebih besar.