Cara Menanam Daun Bawang yang Mudah Dilakukan

Daun bawang merupakan salah satu bahan sayur yang sering muncul di berbagai aneka masakan seperti taburan soto, sup, telur dadar, dan lainya.  Daun bawang ini memang sering digunakan sebagai penyedap rasa alami yang pastinya menggugah selera.

Melihat daun bawang banyak digunakan sebagai pelengkap makanan, kini banyak yang mulai tertarik untuk menanamnya sendiri. Selain menawarkan cita rasa yang nikmat, ternyata daun bawang juga kaya akan manfaatnya untuk kesehatan.

Manfaat konsumsi daun bawang untuk menjaga kesehatan

Sebelum membahas mengenai cara menanam daun bawang, alangkah lebih baiknya anda mengetahui beberapa manfaat untuk kesehatan. Selengkapnya bisa simak penjelasan berikut ini :

  1. Sebagai sumber zat besi

Dalam daun bawang ternyata mengandung zat besi yang sangat baik untuk meningkatkan hemoglobin, memperkuat sel jaringan dalam tubuh, dan menjaga kesehatan sel darah merah.

  1. Memiliki serat yang baik

Daun bawang tinggi akan kandungan serat yang baik untuk menjaga sistem pencernaan. Selain itu serat ini juga baik untuk mencegah terjadinya sembelit.

  1. Kaya akan kalium

Daun bawang memiliki kandungan kalium yang baik untuk mengatasi masalah jantung, mengatur kadar air, dan mencegah otot mudah kram.

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Daun bawang memiliki manfaat yang sangat baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Sehingga anda tidak mudah terserang demam, flu dan pilek.

Cara Menanam Daun Bawang di Rumah

Setelah mengetahui beberapa manfaat daun bawang untuk kesehatan, pasti anda akan lebih semangat untuk menanam sendiri di rumah. Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai beberapa cara menanam daun bawang. Selengkapnya bisa simak penjelasan berikut ini :

  1. Memilih bibit daun bawang yang bagus

Langkah pertama pastikan memilih bibit daun bawang yang berkualitas. penanaman daun bawang ini anda bisa memilih cara generatif (tanam biji), atau vegetatif (anakan tanaman).

Jadi anda bisa memanfaatkan daun bawang yang sudah ada dengan memilih bagian akar yang masih utuh. Silahkan simak dengan air untuk menjaga kesegaran.

  1. Menyiapkan media tanam

Setelah menyiapkan bibit daun bawang, selanjutnya anda bisa menyiapkan media tanam yang tepat. Anda bisa memilih menggunakan polybag atau pot sebagai media tanamnya. Selain itu anda juga bisa memanfaatkan botol atau kaleng yang tidak digunakan. Pastikan diameternya sudah 15 cm.

Silahkan isi media tanam tersebut dengan tanah yang subur, gembur, dan memiliki kandungan hara. Pastikan anda mencampurnya dengan pupuk kandang, dan arang sekam. Diamkan dulu sekitar 5 hari baru media tanam bisa digunakan.

  1. Memindahkan bibit ke media tanam

Ketika bibit sudah siap untuk disemai dan media tanam yang siap untuk ditanami maka anda bisa mulai memindahkannya. Pastikan anda melakukan pemindahan dengan hati-hati agar bibit tidak rusak.

  1. Proses pemupukan

Ketika bibit daun bawang sudah ditanam maka anda harus melakukan perawatan dan pemupukan secara rutin. Lakukan penyiraman agar media tanam tidak sampai kering. Selain itu jangan terlalu lembab membuat bakteri lebih mudah berkembang.

Kalau anda ingin mengetahui cara lebih detail soal perawatan bibit daun bawang bisa kunjungi situs https://tipsbudidaya.com. Anda juga akan tahu proses pemupukan yang tepat itu seperti apa. Jadi dengan demikian penanaman daun bawang bisa sukses.

Demikianlah penjelasan mengenai cara menanam daun bawang di rumah dengan mudah. Pastikan anda mengikuti cara-cara diatas untuk mendapatkan hasil secara maksimal. Semoga dengan adanya penjelasan ini bisa menambah wawasan anda dalam menanam daun bawang.