Cara Mencuci Baju Bayi

Segala hal yang berhubungan dengan bayi harus mendapatkan perlakuan khusus. Salah satunya yaitu ketika mencuci pakaian bayi. Ketika mencuci pakaian bayi, ada banyak hal yang perlu diperhatikan dan tidak boleh sembarangan.

Cara Mencuci Baju Bayi

Mencuci baju bayi bukanlah hal yang rumit, namun tidak bisa disamakan dengan mencuci pakaian orang dewasa. Tubuh bayi masih sangat sensitif dan rentan sehingga perlu perawatan khusus ketika mencuci baju bayi agar tidak terjadi iritasi pada kulit bayi. Berikut ini adalah cara mencuci baju bayi

1. Baju yang baru dibeli harus dicuci

Baju, seprai, selimut, kain gendong, dan perlengkapan bayi lainnya harus dicuci terlebih dahulu sebelum nantinya digunakan dan bersentuhan dengan kulit bayi. Hal ini untuk menghilangkan bahan kimia yang tertinggal maupun kuman yang menempel.

2. Baju bayi dicuci secara terpisah

Segala perlengkapan untuk bayi harus dicuci secara terpisah dari pakaian anggota keluarga yang lain. hal tersebut dapat dilakukan selama 6 bulan pertama usia bayi. Mencuci secara terpisah ini dimaksudkan untuk mencegah kontaminasi kotoran dari pakaian anggota rumah yang lain.

3. Menggunakan deterjen yang sesuai

Untuk mencuci pakaian bayi, banyak produk deterjen yang khusus untuk bayi. Kulit bayi masih sangat sensitif sehingga untuk mengurangi resiko iritasi perlu digunakan deterjen yang khusus untuk bayi.

4. Mencuci baju bayi secara manual

Pakaian bayi biasanya terbuat dari bahan yang halus, sehingga akan merusak serat kain jika dicuci dengan mesin cuci. Mencuci dengan tangan juga agar bisa memastikan baju tersebut benar-benar bersih.

5. Perhatikan suhu air ketika mencuci

Ada baiknya ketika mencuci baju bayi menggunakan air hangat dengan suhu 30-40oC. Suhu tersebut untuk menghilangkan kuman yang menempel. Tapi jika tidak ada air hangat, boleh menggunakan suhu yang normal.

Itulah beberapa cara mencuci baju bayi agar aman.