Cara Mencuci Piring Agar Lebih Cepat dan Hemat Air

 

Mencuci piring menjadi pekerjaan ibu rumah tangga sehari-hari. Pekerjaan ini tentunya memakan cukup banyak waktu dan tenaga. Apalagi jika peralatan rumah tangga banyak yang berminyak, mencuci piring jadi semakin lama, boros sabun cuci, dan juga menghabiskan banyak air.

Mengetahui cara mencuci piring yang tepat sangat penting agar pekerjaan ini bisa selesai lebih cepat, hemat air, dan juga meminimalisir konsumsi sabun cuci. Lalu, bagaimana tips mencuci piring dengan cepat dan hemat air? Yuk, simak beberapa tips berikut ini!

Inilah Cara Mencuci Piring Agar Lebih Cepat dan Hemat Air

Umumnya, ada dua metode paling umum yang sering digunakan saat mencuci piring. Mencuci piring dengan mencelupkan piring ke wadah penampung air atau mencuci di bawah aliran air keran. Mana metode yang lebih efisien? Nah berikut ini adalah metode mencuci piring yang bisa dilakukan dengan lebih cepat dan hemat air.

  1. Buang semua sisa makanan yang tersisa di piring ke dalam tempat sampah serta singkirkan sisa minyak ke wadah terpisah
  2. Tambung air sebanyak 3 – 5 liter menggunakan baskom maupun wastafel
  3. Tuang 1 sendok teh sabun cuci piring cair ke dalam air dan aduk hingga berbuih
  4. Gunakan spons atau sikat cuci piring untuk mencuci satu per satu piring atau peralatan dapur lainnya di dalam larutan sabun
  5. Kosongkan wastafel atau baskom berisi air sabun tersebut
  6. Isi ulang baskom atau wastafel menggunakan air bersih untuk membilas semua piring dan perkakas dapur lainnya
  7. Tiriskan semua perkakas sesuai dengan kondisi tempat cuci piring

Itulah cara mencuci piring dengan mudah, cepat, dan hemat. Dengan menggunakan cara di atas, maka pekerjaan mencuci piring menjadi lebih mudah dilakukan. Pemakaian air dan sabun pun akan jauh lebih hemat. Dengan begitu, maka Kamu tidak akan lagi merasa malas untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.