4 Cara Mengatasi HP yang Gagal Flashing Supaya Bisa Nyala Lagi

HP Android memiliki cara tersendiri untuk diperbaiki jika ada suatu kerusakan. Mulai dari kerusakan sistem hingga kerusakan komponen. Setiap cara punya tujuan tersendiri untuk mengatasi masalah pada HPnya. Namun ketika berbicara soal solusi yang banyak dilakukan, tentunya adalah flash ulang.

Apa itu flash ulang? Flash ulang adalah metode yang dilakukan untuk mengganti sistem pada HP Android yang bermasalah, dengan yang baru. Flash ulang ditujukan untuk memperbaiki masalah-masalah HP yang terkait sistem.

Misalnya masalah pada jaringan HP, suara HP, dan lain-lain yang masih banyak lagi. Sayangnya, meski bermanfaat flash ulang bisa membuat error tertentu ketika prosesnya gagal.

Mulai dari bootloop sampai mati total. Karena itu, jika mungkin kamu sedang mendapati HP error karena gagal flashing, di pembahasan ini akan dijelaskan solusinya.

Cara Mengatasi HP yang Gagal Flashing

Untuk mengatasi HP yang gagal flashing, ada beberapa solusi yang dapat dilakukan. Silahkan cek berikut:

1. Masuk ke Recovery

Pertama, jika kondisi HP kamu dalam keadaan bootloop (loading HP berjalan terus-menerus dan tidak bisa masuk ke sistem), kamu bisa coba masuk terlebih dulu ke menu recovery di HP.

Caranya sebagai berikut. Kamu nyalakan HP dengan cara menekan tombol power dan tombol volume atas + bawah, kemudian tunggu beberapa saat. Nanti HP tidak akan masuk ke proses loading, melainkan akan masuk ke menu recovery.

Setelah berhasil masuk ke menu recovery, kamu cari opsi Wipe kemudian silahkan kamu pilih Wipe Data. Kemudian tunggu proses wipe data.

Proses tersebut akan mengembalikan seluruh pengaturan HP ke pabrik. Selesai Wipe, kamu bisa langsung restart HP. Maka biasanya sistem HP tidak akan bermasalah lagi.

Sedikit catatan untuk poin ini, pertama untuk masuk ke recovery tombolnya bisa berbeda-beda. Kamu searching saja jika tombol di atas tidak berfungsi.

2. Flash Ulang HP

Simpelnya saat HP dalam keadaan mati karena gagal flashing, kamu bisa flash saja HP tersebut kembali. Karena bisa jadi saat proses flashing sebelumnya, ada kondisi tertentu yang membuatnya gagal.

Untuk cara flashnya bisa seperti biasa. Tapi disarankan agar kamu lakukan Wipe Data seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Dan jangan lupa cek-cek datanya apakah sudah benar atau belum.

3. Flash Ulang HP Memakai ROM Lain

Kemudian kamu bisa melakukan flash ulang. Bedanya di poin ini, kamu bisa menggunakan ROM lain. Tujuannya adalah untuk mengatasi masalah jika ROM yang sebelumnya kamu gunakan bermasalah.

Untuk cara ganti ROMnya bisa pakai yang berbeda versi. Misalnya pakai versi yang lebih baru, atau pakai versi yang lebih lama. Jika kamu menggunakan custom ROM, coba cari dari penyedia ROM yang berbeda.

4. Servis HP

Terakhir untuk masalah lain, seperti HP mati total karena gagal flash, kalau pakai solusi-solusi tadi belum bisa, maka kamu bisa bawa HP ke tempat servis.

Apalagi jika kamu tidak begitu memahami penyebab dari masalahnya. Dengan membawa HPnya ke tempat servis, nantinya HP tersebut akan dicari masalahnya dan diperbaiki.

Dikutip dari salah satu situs teknologi Uplotify.id, untuk gambaran perbaikan HP mati total berkisar 100 ribu sampai 500 ribu, tergantung yang rusak sistem atau komponen.

Namun khusus di sini karena yang rusak sistem, harusnya biaya perbaikannya tidak akan begitu mahal.

Saat mendapati HP error karena gagal flashing, kamu tidak perlu panik. HP tersebut masih bisa nyala, selama komponennya belum rusak. Semoga bermanfaat.

Tags: