Cara Mengatasi Mata Bintitan

 

Hampir setiap orang pasti pernah mengalami mata bintitan. Menurut kepercayaan masyarakat penyebab bintitan yaitu karena sering mengintip. Namun, sebenarnya bintitan ini disebabkan oleh infeksi bakteri yang tumbuh di bagian akar rambut pada bulu mata. Bintitan sendiri merupakan benjolan merah semacam jerawat yang terbentuk di tepi kelopak mata.

Benjolah pada mata bintitan biasanya terasa nyeri dan kadang-kadang bisa menyeybabkan mata berair. Umumnnya, pembengkakan pada bintitan hanya terjadi sekitar beberapa hari, sebelum akhirnya mengempis dan sembuh. Jangan sekali-kali memencet bintitan untuk mengatasi masalah bintitan. Sebab, cairan yang keluar dari benjolan dapat menyebarkan infeksi kembali.

Nah, jika Anda ingin mengatasi bintitan dan belum memahami bagaimana cara mengatasinya, Anda dapat mengikuti berbagai cara dibawah ini. Berikut ini cara mengatasi mata bintitan yang dapat Anda lakukan:

  • Kompres air hangat

Cara ini sudah dikenal sejak lama untuk mengatasi bintitan. Langkah pertama yang dapat Anda lakukan yaitu menyiapkan kain lembut atau handuk yang sudah direndam air hangat. Kompres pada mata bintitan selama 15-20 menit. Ulangi kompres tiga hingga empar kali sehari sampai bintitan hilang.

  • Kompres menggunakan teh kantong

Rendam kantong teh kantong atau celup di dalam air panas selama kurang lebih 3 menit. Angkat kantong teh dan biarkan sampai suhunya menurun atau hingga hangat. Kompres pada mata bintitan selama kurang lebih 15 menit dan ulangi kompres ini selama beberapa kali sehari.