Cara Menghilangkan Pegal-Pegal Di Punggung

Jika seseorang menderita sakit punggung tentulah menjadi tidak nyaman. Salah satu sakit punggung yang seringkali dialami banyak orang yaitu pegal pada punggung. Sebenarnya mudah saja untuk menghilangkan rasa pegal tersebut.

Berikut akan kami berikan cara menghilangkan pegal-pegal di punggung yang bisa kamu lakukan dengan mudah.

1. Stay Active (terus bergerak)

Salah satu cara untuk menghilangkan pegal di punggung adalah dengan terus bergerak dan akif. Walaupun ada anggapan bahwa dengan beristirahat akan mempercepat pemulihan, namun saat ini banyak dianjurkan dengan tetap melakukan aktivitas maka akan membantu pemulihan pegal.

Memang pada awalnya kamu pasti akan merasakan nyeri dan sulit. Akan tetapi kamu jangan pernah menyerah untuk terus bergerak sampai pegal di punggung perlahan membaik.

Karena dengan bedrest terlalu lama akan melemahkan otot punggung yang akan memperlambat pemulihan dan penyembuhan.

2. Olahraga Serta Peregangan

Kemudian cara yang kedua untuk menghilangkan pegal di punggung yaitu dengan melakukan olahraga serta peregangan. Ini mudah sekali dilakukan, contohnya seperti berjalan. Dengan berjalan maka akan melatih fungsi otot kaki, punggung, perut serta bagian bokong.

Lalu selain berjalan, kamu juga bisa melakukan renang, bersepeda, dan jogging. Ini akan membantu kamu untuk mengeluarkan hormon endorfin. Hormon ini sangat berguna untuk meredakan nyeri secara alami.

Sebaiknya lakukan peregangan yang bisa mengurangi pegal di punggung. Ini bisa dilakukan sendiri kapanpun dan dimanapun.

Kamu juga bisa melakukan peregangan setelah bangun tidur dipagi hari, kemudian dilanjutkan dengan olahraga yoga, pilates dan lain-lain. Ini akan membantu kamu agar memiliki punggung tetap kuat serta menjaga kesehatan tubuh.

3. Hot Serta Cold Packs

Pegal di punggung juga bisa berkurang dengan memakai hot serta cold packs. Untuk cara manual, kamu bisa berendam di air yang hangat atau memasukkan air panas kedalam botol kemudian menaruhnya di punggung yang terasa pegal tersebut.

Sama seperti ketika kamu menggunakan ice pack yang juga bisa membantu mengurangi rasa pegal di punggung. Namun sebaiknya jangan pernah menaruh es secara langsung diatas permukaan kulit. Hal itu bisa menyebabkan cold burn.

Dan sebelum meletakkan ice pack tersebut gunakan kain terlebih dahulu. Kemudian ada alternatif lain yang lebih praktis digunakan yaitu dengan hot and cold compression packs. Dengan menggunakan kantong ini, kamu hanya tinggal mengisinya dengan menaruh air panas ataupun dingin. Kantung ini bisa kamu dapatkan dengan mudah di apotik.

4. Perhatikan Kondisi Tidur

Kondisi tidur disini yaitu berupa tempat tidur atau kasur yang dipergunakan untuk tidur. Sebaiknya kasur jangan terlalu empuk tetapi tidak pula terlalu keras dipakai.

Apabila kamu menggunakan kasur yang terlalu empuk maka penopang tubuh kamu akan lebih sedikit, oleh karena itu pilihlah kasur yang bisa menopang tubuhmu menjadi lurus saat tidur. Dan tidak membuat tubuhmu terlalu masuk saat tidur.

Selain kasur, kamu juga harus memperhatikan penggunaan bantal. Bantal yang baik akan menjaga posisi alami dari leher saat kita tidur, serta bisa menunjang tulang belakang.

Sebaiknya kamu juga harus memilih bantal yang nyaman saat dipakai, dan mudah disesuaikan saat tidur dengan posisi yang berbeda.

Dengan posisi tidur yang baik maka akan membantu mengurangi pegal yang ada di punggung. Selain itu juga membuat badan kita menjadi lebih fresh saat bangun tidur.

Demikian beberapa cara untuk menghilangkan pegal di punggung. Untuk cara paling mujarab dan ampuh saran dari kami kamu harus menyewa jasa massage yang sekarang bisa dipesan melalui online.