3 Cara Menghilangkan Semut Merah dari Tanaman di Pot yang Efektif

Pernah melihat semut yang berkerumun di tanaman ? Meski hal ini tidak membahayakan bagi tanaman, namun anda pasti sudah banyak mencari how to get rid of ant hills jika melihat tanaman hias kesayangan dikerubungi semut. Pasalnya, semut merah atau semut api biasanya akan membuat sarang di dalam tanaman pot. Lantai bagaimana cara menghilangkan semut merah ini ?

Menghilangkan Semut Merah dari Tanaman Hias

  1. Gunakan Insektisida

Untuk menghilangkan semut merah dari tanaman hias yang anda miliki, anda bisa menggunakan insektisida yang mempunyai kandungan permethrin pada tanah. Karena sistem saraf semut akan lumpuh seketika ketika memakan atau menyentuh kandungan permethrin ini. Dimana permethrin sendiri biasanya diproduksi dalam banyak bentuk, seperti cairan sampai bubuk.

Pastikan anda sudah membaca petunjuk penggunaannya terlebih dahulu sebelum menggunakan permethrin pada tanaman di dalam pot, agar penggunaannya efektif. Selain itu, anda juga bisa menggunakan umpan untuk menghancurkan seluruh koloni semut. Seperti umpan dari gula, protein, atau minyak yang ditambah insektisida aksi lambat.

Semut pekerja nantinya akan membawa makanan beracun tersebut ke sarang atau ke koloninya. Bahkan semut juga acap kali memindahkan makanan dengan cara mulut ke mulut. Jadi, ketika umpan beracun ini berpindah dari satu semut ke semut lainnya maka penghuni koloni pun akan secara perlahan berkurang.

  1. Celupkan Pot ke dalam Air

Jika tanaman hias yang dimiliki sudah benar benar dipenuhi oleh semut, maka anda bisa merendam tanah dari tanaman dengan menggunakan larutan insektisida yang dicampur air untuk menyingkirkan semut. Dimana semut yang telah bersentuhan dengan insektisida tersebut pastinya akan tenggelam.

Cara membuat larutannya sendiri yaitu pertama tama siapkan ember bersih yang lebih besar dari ukuran pot. Masukkan sekitar 4 liter air, atau bisa lebih tergantung besar pot, ke dalam ember. Tambahkan 1 cangkir sabun insektisida atau dapat menggunakan sabun cuci piring ke dalam ember yang telah diisi 4 liter air tersebut.

Masukkan setengah larutan ke dalam botol semprot kecil, dan setengahnya lagi biarkan di dalam ember. Berikutnya, masukkan pot ke dalam ember yang berisikan setengah larutan. Lalu semprotkan larutan di dalam botol ke arah semut yang keluar dari tanah pot. Siramkan juga sisa larutan yang ada ke tanah dalam pot yang telah diserang oleh semut.

  1. Mengganti Tanah

Tanah tanaman di dalam pot yang sudah dihuni oleh koloni semut mungkin terkadang sulit untuk dibersihkan, atau mengusir semut dari sana. Maka dari itu, anda bisa mengganti tanahnya yang terserang sebagai cara menghilangkan semut merah dari tanaman. Dengan hati hati, gunakan sekop kecil untuk mengeluarkan tanaman hias anda dari dalam potnya.

Buang tanah yang masih tertinggal di dalam pot, dan semprot akar tanaman dengan air untuk menghilangkan tanah maupun semut yang masih menempel di sana. Karena ini bisa membuat tanah berceceran di mana mana, sebaiknya lakukan di luar rumah atau di area yang mudah untuk dibersihkan nantinya.

Jika semua tanah yang terserang semut sudah dikeluarkan, bersihkan pot tanaman sampai tidak ada tanah tersisa. Isikan pot dengan tanah yang baru dan tidak dihuni oleh semut, beserta tanaman hias anda. Tanam kembali tanaman hias di sana, dan siram tanaman secara merata apabila sudah selesai.

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan semut dari tanaman hias di pot. Semut pada tanaman hias ini terkadang juga bisa menjadi pertanda bahwa tanaman anda mempunyai masalah lain. Oleh karena itu, coba perhatikan apakah anda sudah merawat tanaman dengan baik agar dapat mencegah semut datang kembali.