Sudah Tahu Cara Mengkilapkan Body Motor Matic? Cek Disini

Siapa yang tidak ingin terlihat keren dengan kendaraan yang bersih dan kinclong? Menariknya, Anda tidak perlu bingung untuk beli peralatan mahal bahkan motor baru untuk dapat tampilan motor mengkilap. Berikut ini ada beberapa ide cemerlang yang bisa Anda gunakan sebagai cara mengkilapkan body motor matic. Silahkan disimak.

Ide Cemerlang Untuk Membuat Motor Mengkilap

  1. Pilih Pilih Tempat Parkir

Sering dikesampingkan, cara yang satu ini bisa menjadi solusi jangka panjang. Intinya adalah body motor matic ataupun kendaraan lainnya akan cepat kusam jika terkena pancaran matahari terlalu lama. Hal ini bisa menjadi masalah serius bahkan membuat body berkerak dan rusak. Masalah akan semakin parah jika motor terekspos hujan dan panas berlebihan.

Untuk menghindari kerusakan body permanen yang membuatnya tidak mengkilap kembali, alangkah baiknya jika Anda memilih tempat parkir yang teduh. Namun jika terpaksa dan tidak bisa dihindari, maka bisa diatasi dengan meletakkan mantel di atasnya. Dengan begitu pancaran cahaya atau hujan tidak akan langsung mengenai body motor matic.

  1. Memasang Skotlet

Jika Anda ingin body motor awet dan tampak lebih mengkilap, maka coba pasang skotlet. Skotlet sendiri adalah produk semacam stiker yang terbuat dari berbagai jenis material dan pilihan warna. Pada dasarnya, fungsinya adalah untuk menutupi body motor dengan material stiker yang dipotong dan dibentuk sesuai dengan kendaraan.

Tak jarang, kegunaan skotlet sendiri difokuskan untuk fungsi kosmetik. Dalam artian lain guna memberikan hiasan dan membuat tampilan body lebih menarik. Tidak hanya itu, skotlet juga cocok untuk menutupi bagian body yang memiliki cacat seperti kusam atau lecet. Beruntungnya sudah banyak penjaja skotlet yang bisa Anda tuju di pinggiran jalan.

  1. Mencuci Motor Secara Berkala

Sudah sering sekali bahwa motor juga perlu dibersihkan secara berkala. Untuk itu, Anda bisa memilih mencuci dan mengelap body motor. Soal mencuci, disarankan untuk melakukannya setidaknya satu atau dua kali seminggu. Terutama jika motor memiliki mobilitas tinggi dan terpapar banyak debu atau kotoran.

Debu serta kotoran yang menumpuk dan tidak dibersihkan tidak hanya membuat motor tampak buluk, namun juga dapat mempercepat cat menjadi kusam. Setidaknya sudah banyak jasa cuci motor yang bisa digunakan. Atau Anda bisa mencuci sendiri dengan catatan menghindari menggunakan detergen. Pasalnya detergen dapat mengelupas cat body motor.

  1. Membersihkan Komponen Metal

Jika Anda mendapati komponen metal di body motor, maka selalu ingat untuk ikut membersihkannya. Bagian ini sangat mudah kotor karena paparan minyak rem atau kotoran lainnya. Beberapa bagian lain seperti pelek, mesin, knalpot pun tidak boleh terlewat untuk menghindari karat membandel. Tapi ingat untuk menghindari penggunaan kawat besi agar tidak lecet.

  1. Menggunakan Minyak

Jika Anda ingin membuat motor tampak lebih bersih dan kinclong, cobalah minyak kayu putih dan minyak goreng. Cara mengkilapkan body motor matic ini cukup nyeleneh tapi ternyata efektif. Saat motor sudah dicuci bersih dan kering sempurna, Anda bisa gunakan saja sedikit bahan tersebut dan mengusapnya menggunakan kain lap halus.

Itulah beberapa ide yang bisa dicoba untuk membuat motor Anda tampil mengkilap seperti baru. Tidak perlu produk mahal, gunakan saja minyak kayu putih atau minyak goreng plus skotlet. Jangan lupa rajin mencuci dan bersihkan setiap komponen. Jika Anda tertarik untuk ide perawatan motor matic lainnya, tidak ada salahnya untuk ikutan kursus mekanik motor.