Cara Merawat dan Mempercantik Ikan Cupang Halfmoon

Ikan cupang halfmoon merupakan salah satu jenis cupang yang mempesona. Memiliki sirip dan ekor lebar menyerupai bulan ketika berenang. Bagi penghobi ikan cupang tentunya sudah paham jika perawatan ikan ini wajib ekstra dibandingkan jenis cupang plakat yang sirip dan ekornya tidak selebar halfmoon. Pada kesempatan ini akan dibahas lengkap tentang cara merawat dan mempercantiknya.

Cupang merupakan ikan hias yang memang lebih mudah dan sederhana saat memeliharanya. Sama sekali tidak membutuhkan filter dan aerator. Bahkan ditempatkan pada wadah yang sempit pun ikan cupang bisa hidup. Tetapi jenis cupang halfmoon, kondisi PH dan suhu air harus stabil. Dan cara terbaik dalam merawatnya seperti berikut ini.

Tips Merawat Ekor Ikan Cupang Halfmoon

Corak dan warna ikan cupang memang cantik jika terjaga dengan baik. Namun jika salah dalam memeilhara sirip dan ekor mudah sekali rusak. Untuk merawatnya maka Anda harus melakukan:

  • Menjaga Kondisi Air

Kesehatan dan keindahan ekor ikan cupang jenis halfmoon ditentukan juga oleh air yang digunakan untuk memeliharanya. Untuk itu silahkan mengganti hari dalam beberapa hari sekali. Pergantian air bisa separuhnya atau semuanya. Endapkan air selama 1×24 jam lebih dulu agar kotoran yang ada dikandungan air turun kebagian dasar.

  • Menyiapkan Wadah yang Luas

Halfmoon yang memiliki ekor lebar harus ditaruh pada sebuah tempat yang luas. Setiap pergerakan ikan juga harus diperhatikan. Jangan wadah sempit karena sirip dan ekor halfmon akan robek jika kurang luas ketika berenang. Lebih baik pilih soliter atau toples berukuran lebar dan tinggi sesuai ukuran ikan.

  • Berikan Garam Ikan dan Ketapang

Untuk menyeimbangkan osmosis di dalam tubuh ikan sebaiknya tambahkan garam ikan di air tempat ikan ditaruh. Garam khusus ini dijadikan penangkal bakteri jika air yang digunakan sudah tercampur amoniak dari sisa kotoran dan makanan. Kemudian untuk menyetabilkan PH air bisa ditambahkan daun ketapang.

Dengan mempersiapkan semua hal diatas, dijamin ikan cupang halfmoon yang Anda pelihara akan lebih sehat dan ekor indahnya tetap terjaga dari bakteri serta jamur. Jangan lupa, berikan makanan hidup yang bergizi seperti jentik nyamuk, cacing sutra, cacing darah dan kutu air untuk membuat ikan lebih sehat. Semoga bermanfaat!