Cara Merekam Layar Laptop Dengan Vlc

Anda tertarik membuat video berisi aktivitas saat menjalankan komputer. Untuk keperluan tersebut, gunakan screen recorder pc. Berbagai aplikasi tersedia dengan fitur merekam layar. Salah satunya adalah vlc yaitu aplikasi media player populer.

Jika membahas mengenai vlc, Anda mungkin tidak menyangka bahwa aplikasi ini berguna untuk screen recording. Sebagai media player, vlc tersedia gratis untuk semua platform. Anda dapat menggunakan vlc di windows, mac, dan mobile. Selain gratis, developer selalu menambahkan update terbaru misalnya mampu menjalankan codec h-265. Untuk mengerti bagaimana cara merekam layar dengan vlc, simak langkah berikut ini.

  1. Buka vlc
  2. Pilih menu dan klik open capture device
  3. Di bagian capture device, pilih desktop lalu bagian bawah pilihcapture
  4. Tentukan dimana file disimpan dan profile codec yaitu h-264
  5. Proses recording berjalan dan tekan stop jika selesai

Secara umum, vlc versi lama dapat melakukan tugas yang sama. Paling tidak, Anda telah install maksimal 5 tahun terakhir. Jika terlalu lama, kompatibilitas tidak sesuai dan peluang gagal sangat besar. Yang sangat direkomendasikan adalah merekam dari vlc versi terbaru. Fitur dan setting lebih update serta proses recording juga cepat.

Keunggulan vlc untuk screen recording adalah berikut ini:

1. Mudah dan praktis

Sesuai dengan prosedur yang baru saja dibahas, menggunakan vlc untuk screen recording sangat mudah. Anda hanya perlu mengatur beberapa setting seperti resolusi, tempat menyimpan file, dan lainnya.

2. Kualitas sangat baik

Kualitas video hasil rekam layar juga sangat baik. Aplikasi ini mampu memberikan bitrate dan framerate yang cukup tinggi. Tentu saja, setting ini menyesuaikan keperluan. Anda sebaiknya membuat setting yang normal apabila video hanya untuk keperluan pribadi. Format video dapat dimainkan di media player lain.

Gratis

Keunggulan selanjutnya adalah aplikasi ini tersedia gratis. Anda tidak perlu membayar saat ingin memakai vlc. Kunjungi situs resmi dan unduh versi terbaru. Setelah itu, install dan mainkan vlc untuk media player. Selanjutnya, Anda mencoba untuk rekam layar.

Selain keunggulan, vlc juga memiliki kekurangan. Cek daftar berikut untuk penjelasan lebih lanjut.

3. Fitur terbatas

Aplikasi vlc dikembangkan bukan untuk screen recording. Anda harus memenuhi beberapa langkah sehingga proses rekam berjalan. Selain itu, fitur yang tersedia juga terbatas. User tidak dapat mengatur area layar dan kurang fleksibel.

4. Hanya merekam video

Satu lagi kekurangan vlc adalah hanya merekam video. Aplikasi ini tidak dapat menerima input audio dari mikrofon. Anda perlu memakai cara lain misalnya merekam audio dari fitur windows lalu menggabungkannya dengan video editor.

5. Bukan untuk level profesional

Dari fitur dan fungsi, vlc jelas bukan aplikasi screen recording untuk keperluan profesional. Jika sebatas tutorial biasa atau screen capture, aplikasi ini sudah cukup memadai. Sebaliknya, Anda membutuhkan software seperti bandicam dan obs studio untuk menghasilkan video dengan kualitas lebih baik.

Penjelasan diatas adalah proses rekam layar dari vlc di platform windows. Secara umum, sistem operasi versi apapun tidak bermasalah dengan vlc, namun, hindari versi xp karena kompatibilitas dinilai kurang. Rekomendasi versi yang cocok adalah windows 7 hingga terbaru. Selain itu, Anda juga perlu update codec sehingga dapat menjalankan mayoritas format video dan kontainernya tanpa masalah. Semua yang telah dijelaskan dapat menjadi referensi ketika ingin screen recording di vlc.