Cara Reset Printer Canon Ip2770 Yang Benar Dan Aman

Beberapa printer sering ditemui misalnya di percetakan, warnet, dan tempat printing. Selain itu, rumah dan kantor juga menggunakan printer dengan model yang sama. Tipe yang dimaksud adalah canon ip2770. Ini merupakan printer yang terjangkau, mudah dipakai, kapabilitas tinggi, dan fleksibel. Pemilik akan mengubah tabung tinta menjadi mode infus. Tujuannya adalah agar pengisian tinta lebih cepat dn praktis tanpa harus melepas secara manual.

Karena sering dipakai, kemungkinan rusak sangat tinggi. Printer seperti ini harus dipakai sesuai prosedur. Akan tetapi, para pemilik sering melakukan di luar ketentuan yang berlaku. Hasilnya, printer tidak mampu melaksanakan tugas printing. Di situasi seperti ini, reset sangat diperlukan bahkan harus diterapkan beberapa kali agar performa stabil.

Reset Printer Canon Secara Manual

Error di printer canon terjadi karena beberapa faktor. Pada umumnya, pemilik akan mencari solusi praktis dan cepat. Mereka ingin printer berfungsi normal. Jika hal tersebut yang diinginkan, lakukan reset manual berikut ini.

  1. Matikan printer dan nyalakan kembali
  2. Tekan resume 5 detik lalu secara bersamaan tekan power
  3. Jika indikator berubah warna, lepas resume dan power masih masih tetap
  4. Ulangi lagi dengan beberapa kali menekan resume tanpa power
  5. Selanjutnya, matikan dan ikut prosedur dari awal jika masih belum normal

Proses Reset Dengan Aplikasi Resetter

Cara selanjutnya adalah reset dengan aplikasi. Canon tidak memiliki aplikasi resmi untuk tugas reset. Anda akan mengunduh dan install program dari pihak ketiga. Cek prosedur berikut ini untuk mengetahui lebih lanjut.

  1. Unduh dan install aplikasi khusus untuk reset printer dinamakan service tool
  2. Siapkan 2-3 kertas dan masukkan ke printer
  3. Buka aplikasi dan cetak dengan menu main
  4. Setelah itu, pastikan eeprom clear
  5. Matikan printer dan lakukan reset lagi 2-3 kali

Printer telah berfungsi dan kini saatnya melakukan review mengapa error terjadi. Anda mengirim perintah untuk print tetapi muncul keterangan error. Setelah dicoba beberapa kali, printer tetap tidak mau bekerja. Anda buka bagian kertas dan roller untuk memastikan tidak terjadi paper jam. Ini adalah masalah yang dianggap lumrah bagi printer tipe tersebut. Seperti yang telah diketahui bersama, printer masih menggunakan cara manual sehingga kesalahan kecil akan berdampak besar.

Paper jam tidak bermasalah dan langkah berikutnya yaitu cek cartridge dan tinta. Pemilik membuat tinta menjadi sistem infus. Gunanya adalah lebih mudah saat pengisian. Namun, resiko yang muncul yaitu error karena tinta tidak keluar atau kotoran hasil endapan yang sulit dibersihkan. Jika print masih berjalan, Anda cukup melakukan cleaning. Akan tetapi, hal ini tidak berfungsi ketika printer benar-benar tidak mampu melakukan cetak. Reset adalah pilihan terbaik.

Satu solusi lagi yang juga perlu dipertimbangkan adalah treiber aktualisieren atau update driver. Model canon ip2770 termasuk keluaran lama. Bagi yang menggunakan sistem operasi terbaru, segera lakukan update driver. Secara umum, windows 10 sudah dilengkapi dengan driver otomatis bahkan beberapa printer tidak perlu driver karena sistemnya plug and play. Apabila masih tidak berfungsi, segera update di website resmi.

Tips agar berhasil reset manual yaitu cancel semua print yang sedang aktif. Setelah itu, update driver ke versi terbaru. Ikut cara yang sudah dijelaskan sebelumnya. Beri jeda ketika ingin mengulangi cara yang sama. Paling tidak, Anda butuh 3-5 kali reset hingga berhasil.