Sangat Mudah! Berikut Cara Cek Pajak Kendaraan Jatim

Bagi anda masyarakat provinsi Jawa Timur, tidak perlu bingung lagi untuk mengecek pajak kendaraan bermotor. Saat ini pemerintah telah memudahkan kita semua untuk membayar pajak agar menjadi warga negara yang baik. Saat anda bingung karena sudah waktunya untuk membayar pajak kendaraan, gunakan beberapa cara cek pajak kendaraan Jatim berikut ini.

Bagaimana Mengecek Kendaraan Dengan Nyaman?

  1. Mengecek Pajak Dengan SMS

Dengan membayar pajak, artinya masyarakat membantu pemerintah dalam pembangunan infrastruktur daerah di Indonesia, khususnya provinsi Jawa Timur. Jika anda membayar pajak, maka anda adalah warga Negara yang baik karena telah mengikuti peraturan pemerintah yang berlaku. Namun sebagian orang masih bingung untuk mengetahui pajaknya.

Saat ini, pemerintah Jawa Timur telah memudahkan warganya untuk dapat mengecek pajak melalui SMS. Sama dengan mengecek pulsa HP atau mengecek masa aktif kartu perdana anda. Kini mengecek pajak bisa dengan SMS tanpa perlu datang ke kantor samsat Provinsi Jawa Timur. Cara seperti ini sangat cocok untuk para orang tua yang belum melek teknologi.

Untuk mengecek pajak dengan SMS, hal yang perlu dilakukan adalah memastikan nomor yang anda gunakan telah terisi pulsa. Kemudian pilihlah menu SMS pada ponsel anda. Lalu buat pesan baru dan ketik JATIM (spasi) Plat Nomor Kendaraan Anda, kemudian kirimkan SMS tersebut ke nomor 7070. Maka kamu akan menerima SMS balasan berupa tagihan pajak.

  1. Website Resmi Samsat Provinsi Jawa Timur

Bagi anda yang tidak memiliki pulsa, cara cek pajak kendaraan Jatim yang satu ini sangat cocok untuk anda. Sekarang tidak ada lagi alasan untuk menunda membayar pajak karena tidak ada waktu, lupa tagihan pajak kendaraan yang harus dibayar, ataupun malas datang ke kantor Samsat. Karena anda dapat melakukan pengecekan dan pembayaran pajak secara online.

Untuk cek pajak kendaraan bermotor melalui website, anda memerlukan perangkat elektronik berupa komputer, laptop maupun smartphone android. Silakan buka browser pada perangkat anda, lalu kunjungi website resmi Samsat Jawa Timur. Lalu anda akan disuruh untuk memilih kota dan kendaraan yang akan dibayarkan pajaknya oleh anda.

Setelah itu, anda harus memasukkan nomor plat kendaraan, maka akan muncul captcha untuk memastikan keamanan. Jika sudah dilengkapi, maka klik “cari”, kemudian anda akan melihat halaman yang menampilkan tagihan pajak kendaraan. Di halaman website tersebut juga anda dapat mengetahui caranya membayar pajak kendaraan Jawa Timur secara online.

  1. Aplikasi Smartphone Yang Gratis

Zaman sekarang ini siapa yang tidak memiliki smartphone? Alat canggih andalan kita semua itu dapat digunakan untuk memudahkan kita melakukan pekerjaan apapun, termasuk mengecek pajak. Bagi anda yang tidak ingin repot datang ke kantor Samsat, cukup install aplikasi berbasis Android maupun iOs untuk mengetahui jumlah tagihan pajak kendaraan.

Caranya sangat mudah, pertama pastikan smartphone anda terhubung dengan jaringan internet. Lalu install aplikasi E-Smart SAMSAT JATIM, tunggu hingga instalasi tersebut sempurna. Setelah terinstall, buka aplikasi tersebut dan pilih menu besaran pajak, lalu cek kendaraan baru dengan nomor plat anda. Maka anda bisa melihat tagihan pajak kendaraan.

Sudah tau caranya mengecek pajak yang harus anda bayarkan untuk kendaraan bermotor? Mulai sekarang jangan malas lagi membayar pajak karena metode yang dapat digunakan sudah sangat mudah. Jangan lupa untuk membayar pajak dengan tepat waktu untuk menghindari kewajiban membayar denda, ajak juga kerabat anda untuk rajin membayar pajak.