Ciri-ciri Tubuh Ikan Gabus dan Habitatnya

Siapa yang belum mengenal ikan jenis gabus? Ikan ini merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang paling difavoritkan untuk dikonsumsi. Ikan ini sendiri juga sering disebut dengan ikan kutuk. Lantas seperti apakah ciri-ciri tubuh dari ikan tersebut? Pada dasarnya ikan ini memiliki bentuk kepala yang cukup besar akan tetapi lebih pipih.

Kepalanya memiliki sisik layaknua ular. Bagian kepala tersebut cenderung lebih besar dibandingkan dengan bagian tubuh yang lainnya. Sementara itu, bagian tubuh ikan memiliki warna cokelat kehitaman. Pada bagian perut bawahnya memiliki warna cokelat pucat keputihan. Pada bagian samping ikan memiliki motif bergaris abstrak tebal.

Pada bagian kepala sampai ekor ikan ini sendiri memiliki warna yang lebih gelap. Umumnya, warna yang dimiliki adalah kehijauan atau kecoklatan. Lantas, seperti apa ciri-ciri bagian mulutnya? Pada bagian mulut ikan ini cukup besar bahkan sudah dilengkapi dengan giginya yang tajam.

Untuk keistimewaannya sendiri, ikan jenis ini sangat difavoritkan banyak orang. Bahkan ikan ini juga sudah banyak dijual dipasaran. Hal tersebut tidak lain karena adanya kandungan gizi pada ikan tersebut. Jika dibandingkan dengan ikan air tawar lainnya, ikan ini memiliki kandungan gizi paling baik.

Beberapa kandungan gizi tersebut dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Oleh karena itu, jangan ragu untuk mengonsumsinya. Anda bahkan bisa mengonsumsinya dengan mengolahnya terlebih dahulu menjadi berbagai menu masakan yang lezat.