Cukup Jarang Didengar, Inilah Manfaat Daun Afrika untuk Kesehatan Tubuh

Nama daun afrika mungkin cukup jarang terdengar di telinga kita. Tapi akhir-akhir ini sudah mulai banyak orang yang mengembangkannya loh. Pasalnya daun ini dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Batang tumbuhan ini asalnya memang dari Afrika. Karena rasanya yang memang pahit, daun ini juga disebut sebagai bitter leaf atau daun pahit.

Daun ini di benua asalnya, yakni di Afrika, memang sering dipakai dalam pengobatan tradisional atau sebagai obat herbal dalam mengatasi beberapa masalah kesehatan. Di antaranya malaria, cacingan, diabetes, diare, mual, infeksi bakteri, penyakit hati dan ginjal. Cara mengonsumsi daun afrika sendiri bisa dengan dimakan secara langsung atau dimasak terlebih dahulu. Bisa juga dengan cara direbus kemudian air rebusannya diminum.

  1. Dapat Menurunkan Gula Darah

Beberapa penelitian menemukan bahwa daun afrika memiliki manfaat untuk menurunkan kadar gula darah dan menjaganya agar tetap stabil. Daun ini juga mampu menjaga fungsi pankreas untuk menghasilkan hormon insulin dan juga menjaga kinerja hormon tersebut agar tetap efektif.

  1. Mencegah Diabetes

Daun afrika yang baik untuk pankreas pada gilirannya hal ini juga menjadikannya sangat baik dalam mencegah resistensi insulin dan mencegah penyakit diabetes tipe 2.

Demikianlah manfaat-manfaat dari daun afrika. Melihat khasiatnya tersebut kita dapat menggunakannya untuk menstabilkan gula darah atau untuk mengobati penyakit diabetes.