Fakta Menarik Seputar Sungai Mekong Yang Perlu Anda Ketahui

Menelisik fakta tentang sungai memanglah hal yang menyenangkan. Mereka dikenal sebagai salah satu bentangan alam yang memegang peran penting dalam ekosistem. Setiap negara pasti memiliki sungai yang dibanggakan. Salah satu sungai yang terkenal adalah sungai Mekong. Yuk simak serba serbi nya di sini.

Fakta Menarik Sungai Mae Nam Kong atau Mekong

  1. Masuk Dalam Jajaran Sungai Utama Di Dunia

Mekong merupakan sebuah sungai yang sangat populer, terlebih di kawasan Asia. Sungai tersebut mengalir dari Tebet ke daerah lain disekitarnya, bahkan sampai ke provinsi Yunani. Setelah itu, alirannya membelah negara Laos, Kamboja, Thailand, dan Vietnam hingga Laut China Selatan.

  1. Memiliki Nama yang Berbeda di Setiap Negara

Karena mengalir di berbagai negara, sungai ini memiliki nama yang berbeda beda. Di Thailand, sungai tersebut bernama Mae Nam Kong. Sedangkan di Vietnam, sebutannya menjadi Cuu Long. Namun untuk nama internasionalnya adalah Mekong, sama seperti yang biasa digunakan oleh masyarakat Indonesia.

  1. Suhu Sungai Mengikuti Angin Muson

Keunikan sungai Mae Nam Kong yang berikutnya adalah suhu airnya yang tergantung kecepatan angin muson. Suhu paling tinggi ada di sekitar bulan Maret dan April, yaitu mencapai suhu 38 derajat celcius. Sedangkan pada bulan November hingga Februari suhunya berubah menjadi 15 derajat celcius.

Demikianlah informasi tentang keunikan sungai Mae Nam Kong yang perlu anda ketahui. Setiap sungai yang ada di dunia pasti memiliki fakta fakta menarik yang menyelimuti. Kondisi itulah yang kemudian membuatnya terlihat unik dan berbeda dengan yang lain.