Ibu Hamil Harus Tahu! Khasiat Alpukat untuk Cegah Anemia

Tidak dipungkiri, manfaat alpukat untuk ibu hamil sudah banyak terbukti. Salah satunya, baik untuk perkembangan janin. Namun, tahukah Anda jika alpukat berperan penting mencegah anemia pada ibu hamil? Jika belum, silakan simak ulasan berikut ini.

Memang betul, buah bernama latin Persea americana alias alpukat ini memiliki manfaat istimewa bagi kesehatan ibu hamil. Yakni untuk mengatasi anemia selama kehamilan.

Perlu Anda ketahui, anemia merupakan kondisi tubuh kekurangan sel darah merah yang mengandung oksigen. Dan ternyata, ibu hamil memiliki risiko tinggi terkena anemia.

Selain itu, anemia pada ibu hamil sering kali disebabkan kekurangan zat besi. Gejalanya juga bisa Anda kenali. Biasanya, ditandai dengan kulit yang berwarna pucat, mudah lelah dan lemas, denyut jantung tidak teratur, nyeri dada, dan sesak napas.

Bahayanya, bila anemia tidak segera ditangani, maka bisa berdampak buruk untuk kesehatan ibu hamil maupun janinnya. Seperti menyebabkan persalinan prematur, depresi setelah persalinan, dan bayi akan mengidap keterlambatan perkembangan.

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Sebab, Anda bisa mencegah anemia dengan mudah. Yakni dengan memakan buah alpukat yang kaya zat besi secara rutin ketika hamil.

Meskipun demikian, tidak berarti Anda bisa mengonsumsi alpukat secara berlebihan. Alih-alih ingin segera mendapatkan asupan zat besi dengan cepat. Karena ibu hamil hanya disarankan untuk memakan satu buah alpukat per harinya.

Itulah ulasan singkat mengenai khasiat penting alpukat yang harus diketahui ibu hamil. Yakni untuk mencegah anemia. Untuk itu, rutinlah mengonsumsi alpukat sesuai aturan agar kebutuhan zat besi dalam tubuh Anda bisa tercukupi dengan baik.