Jejak Kemerdekaan di Tugu Proklamasi

Jejak kemerdekaan Republik Indonesia memang sangat banyak sekali, salah satu jejaknya dengan adanya Tugu Proklamasi. Tugu ini di bangun di Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat. Dibalik dibangunnya Tugu Proklamasi, ada fakta uniknya. Ingin tau? Berikut ini 5 Fakta Tugu Proklamasi

  1. Gagasan Presiden Soeharto

Gagasan dibangunya tugu ini terjadi pada tanggal 19 Agustus 1974 dan pada tanggal 16 Agustus 1980 tugu ini diresmikan. Tujuan utama dibangunnya tugu ini untuk menghargai perjuangan para pejuang kemerdekaan Indonesia, khususnya Bung Karno dan Bung Hatta.

  1. Patung Soekarno – Hatta

Patung Soekarno dan Hatta ini dibuat oleh I Nyoman Nuarta seorang seniman terkenal. Patung ini dibuat dari logam perunggu seberat 1.200 kg. Patung ini dibuat dengan ketinggian mencapai 4 meter dengan lebar patung Soekarno mencapai 60 cm dan lebar patung Hatta mencapai 30 meter.

  1. Pembacaan Proklamasi

10 meter dari patung Soekarno – Hatta terdapat Tugu Petir yang berbentuk tiang berdiri. Tugu Petir ini menjadi petanda tempat dibacanya proklamasi oleh Soekarno. Meskipun dulunya tempat dibangunnya tugu ini merupakan rumah Bung Karno.

  1. Adanya Tugu Jarum

Berjarak 10 meter dari Tugu Proklamasi juga terdapat Tugu Jarum yang dibangun melambangkan persembahan para wanita untuk memperingati kemerdekaan Indonesia yang pertama. Berbeda dengan tugu Proklamasi, Tugu Jarum ini ukurannya lebih pendek.