Mengenal Jenis Senjata Angin Yang Paling Sering Digunakan Di Tanah Air

Apakah anda memiliki hobi menembak? Jika iya, tentu sudah tidak asing lagi dengan senapan angin. Senjata yang satu ini memiliki peran untuk kegiatan berburu dan olahraga. Namun pada kenyataannya, ada banyak jenis senjata angin yang dapat dipilih. Daripada penasaran, yuk simak info lebih detailnya seperti berikut ini!

Sekilas Mengenai Senapan Angin

Sebelum mengenal lebih detail mengetahui berbagai jenis senjata dengan mekanisme angin ini, ada baiknya jika memahami apa itu senapan angin. Senjata jenis merupakan salah satu senjata yang menghasilkan pneumatik dengan udara atau gas lain . Dalam mekanismenya, tekanan secara tepat akan melibatkan reaksi kimia. Hal ini bisa diketahui lebih lengkap melalui pusatairsoftgun.com.

Seperti namanya, senapan angin ini juga berbeda dengan senjata angin yang akan membuat tekanan gas secara kimia. Hal ini dilakukan melalui  oksidasi eksotermik dari propelan yang mudah terbakar. Sehingga, mekanisme yang sedemikian rupa ini akan menghasilkan energi berupa pendorong dengan memutus ikatan molekul.

Jika dilihat dari ukuran pelurunya, umumnya tidak terlalu besar karena memiliki patokan ukuran kaliber 177 atau 4.5 mm dan 5.5 mm. Bahan utama peluru untuk senjata jenis senapan angin ini memanfaatkan bahan timah. Meskipun dikatakan peluru tidak berbahaya jika dibandingkan senjata api, namun kesalahan penggunaan senapan ini dapat melukai orang

Berbagai Jenis Senapan yang Wajib Anda Tahu

Ada beberapa jenis senapan yang bisa anda temukan, salah satunya senapan tipe per atau pegas. Sesuai namanya, jenis senapan yang satu ini menggunakan per untuk memompa udara agar dapat menjalankan peluru. Tipe ini juga dibagi menjadi tiga bagian mulai dari under lever, side lever, dan patah laras. Hal ini diklasifikasikan berdasarkan cara pegas ditekan.

Keunggulan senapan ini yaitu hanya membutuhkan satu kali kongkang untuk mendorong pelurunya. Sehingga, memudahkan penggunanya untuk menembak sasaran, meskipun seorang pemula. Selain itu ada juga senapan berjenis pompa (pump action). Senapan yang satu ini menggunakan mekanisme pompa terintegrasi agar menekan udara yang dilepas untuk mendorong peluru.

Sama seperti jenis jenis sebelumnya, senapan angin tipe ini memiliki dua sub tipe yang berbeda. Beberapa di antaranya yaitu  Knock open valve dan Dumping system. Masing masing sub tipe ini memiliki mekanisme yang berbeda. Untuk Sistem Knock Open Valve memanfaatkan hammer atau pemukul seperti senjata api biasa pada bagian dalam.

Sedangkan untuk bagian luar memanfaatkan pelatuk yang mirip dengan pistol colt. Hal ini akan berbeda dengan tipe Dumping system yang menggunakan klep dengan performa yang dapat terbuka penuh ketika pelatuk terpicu. Sebagai informasi tambahan, senapan pompa membutuhkan setidaknya 5 sampai 10 kali pompa untuk satu kali tembakan.

Jika ingin menembak sebanyak 5 kali, maka anda bisa memompanya sebanyak 15 sampai dengan 20 kali. Namun, pada senapan pompa yang bertekanan tinggi, maka hal ini dapat dilakukan mencapai 50 sampai dengan 100 kali. Hal ini dapat dimanfaatkan untuk melakukan tembakan sekitar sepuluh sampai dengan 20 tembakan.

Selain cara kerja dari jenis senjata angin, ternyata ukuran atau kaliber yang digunakan cukup beragam. Kaliber dapat diketahui dengan mudah dari diameter atau garis tengah peluru dan dinyatakan dalam satuan inci maupun dalam milimeter. Biasanya penyebutan inci akan diterapkan pada beberapa kebutuhan, seperti produk komersial. Sedangkan milimeter diaplikasikan pada produk militer.

Setelah melihat detail dari berbagai jenis senapan angin, tentu anda bisa lebih memahami jika cara kerjanya juga berbeda. Pasalnya, setiap tipe dilengkapi dengan mekanisme yang berbeda agar bisa melontarkan peluru dengan benar. Bahkan dengan perbedaan tersebut membuat ukuran atau kaliber peluru yang digunakan juga beragam.