kram perut saat hamil muda apakah wajar

Apakah ibu sekarang sedang bertanya-tanya tentang apakah kram perut saat hamil muda apakah wajar? Karena ibu saat ini telah mengalami kram perut saat trimester pertama kehamilan. Untuk mengetahui jawabannya simak penjelasan tentang kram perut saat hamil muda berikut.

Kram perut saat hamil muda memang sering dikeluhkan banyak ibu hamil, penyebab dari kondisi ini ada sangat banyak dari mulai perubahan hormon kehamilan sampai adanya sebuah kelainan. Tetapi walaupun kram perut pada saat hamil mudah adalah hal yang umum terjadi, tetapi ibu tetap harus waspada untuk mencegah adanya gangguan serius selama kehamilan.

Penyebab kram perut saat hamil muda

Ada beberapa penyebab kram perut saat hamil muda yang perlu ibu hamil ketahui seperti :

Perubahan Hormon

Saat hamil wanita akan mengalami peningkatan hormon progesteron sehingga akan membuat sistem pencernaan menurun. Sehingga setelah makan ibu hamil biasanya akan mengalami kram perut ataupun sembelit.

Pembesaran Ukuran Rahim

Penyebab kedua adalah ukuran rahim yang semakin membesar sehingga mempengaruhi perubahan posisi usus. Hal inilah yang menyebabkan ibu saat hamil muda mengalami kram perut.

Peregangan ligamen

Saat hamil ibu muda dan merasakan kram perut ini dapat disebabkan oleh nyeri ligamen karena ligamen harus menopang rahim yang semakin menebal dan membersar seiring dengan bertambahnya usia janin dalam kandungan.

Kondisi kram perut yang harus diwaspadai saat hamil muda

Saat ibu hamil muda, ibu juga harus waspada karena kram perut saat hamil muda juga bisa merupakan pertanda buruk atau terdapat gangguan serius pada kehamilan seperti kehamilan ektopik atau keguguran.

Cara Mengatasi Kram Perut Saat Hamil Muda

Ada beberapa cara yang dapat ibu lakukan untuk mengatasi kram perut saat hamil muda seperti minum banyak air, mengubah posisi saat berbaring di tempat tidur, dan membiasakan diri melakukan gerakan secara perlahan saat beraktivitas.