Manfaat Buah Delima bagi Ibu Hamil

Selama masa kehamilan, penting bagi Ibu untuk mengkonsumsi makanan yang penuh nutrisi, seperti buah-buahan. Namun, dari sekian banyaknya buah memang ada beberapa buah yang dianjurkan untuk dikonsumsi selama masa kehamilan. Salah satu buah yang dianjurkan adalah delima, khususnya delima merah yang dikenal kaya akan antioksidan dan zat besi.

Kedua kandungan zat baik tersebut sangat dibutuhkan oleh Ibu hamil dan janin guna melengkapi kebutuhan nutrisi si kecil. Buah delima juga mengandung asam folat tinggi yang merupakan elemen penting untuk perkembangan janin dan otak bayi. Mengkonsumsi segelas jus delima, dapat memenuhi sebesar 10% kebutuhan folat harian pada Ibu hamil.

Manfaat buah delima bagi Ibu hamil dari kandungan asam folatnya adalah dapat memperkecil resiko kecacatatan pada bayi saat lahir. Jika semasa kehamilan, Ibu kurang mengkonsumsi asam folat, maka kerusakan pada sumsum tulang belakang janin sangat mungkin terjadi. Buah delima juga dikenal memiliki kandungan air yang tinggi, sehingga membantu Ibu hamil terhindar dari dehidrasi.

Seperti fungsi buah lainnya pada tubuh, buah delima juga bisa dikonsumsi untuk mengatasi sembelit atau gangguan pencernaan lainnya yang rentan dialami Ibu hamil. Hal ini dikarenakan buah delima mampu bekerja untuk melunakkan feses. Yang terpenting, buah delima mampu menangkal radikal bebas pada tubuh yang mengganggu sel-sel sehat dan molekul DNA.