Manfaat Buah Pinang Muda

Buah pinang merupakan salah satu buah khas dari Maluku dan Nusa Tenggara. Biasanya buah pinang ditanam untuk kemudian diambil dan dimanfaatkan bijinya untuk campuran ketika mengunyah sirih, bahkan tak jarang bua pinang ini juga digunakan sebagai zat pewarna merah alami. Selain itu buah pinang juga memiliki manfaat lainnya, yaitu:

1. Menghintikan Pendarahan

Buah pinang mengandung senyawa choline, guvacine, arecaine, bilineurine serta guvacoline yang dipercaya mampu menghentikan pendarahan. Hal ini karena sifat hemostatik dan juga astringent yang terdapat dalam zat tanin.

2. Baik Untuk Kesehatan Organ Kewanitaan

Bagi perempuan yang baru saja melahirkan, buah pinang muda ini memberikan manfaat khusus yaitu untuk merapatkan kembali area kewanitaan. Caranya yaitu dengan mencampurkan buah pinang muda, biji gambir, sirih muda serta kapur sirih dan dimasak dengan tambahan air secukupnya hingga matang. Air rebusan dari ramuan tersebut digunakan untuk membilas area kewanitaan secara teratur.

3. Meningkatkan Gairah

Kandungan alkaloid aktif yaitu yang berupa senyawa arekolin dalam buah pinang muda diyakini mampu meningkatkan gairah seksual. Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi pasangan muda yang baru saja melangsungkan pernikahan. Caranya yaitu dengan menumbuk halus biji pinang kemudian rebus dengan menambahkan 2 gelas air yang nantinya di sisakan menjadi 1 gelas saja. Cara lainnya yaitu dengan mengambil satu biji buah pinang yang belum mengeras, kerat – kerat lalu kunyah langsung.