Manfaat daun cermai untuk kesehatan

Obat untuk kesehatan tidak melulu harus dengan obat dokter. Ada banyak alternatif, bahkan yang lebih aman dan alami. Seperti misalnya memanfaatkan tanaman. Ada banyak tanaman herbal yang bisa digunakan untuk membantu mengobati penyakit penyakit tertentu. Salah satunya adalah buah dan daun ceremai.

Buah dan daun ceremai punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Selain sering dijadikan manisan.

Cermai sendiri adalah tanaman buah yang banyak tersebar di banyak wilayah Indonesia. Ukuranya hingga 9 meter, punya bunga kecil warnanya merah.

Buah Cermai bentuknya bulat, rasanya asam berair. Sedangkan daunnya berbentuk bundar telur dan ujungnya runcing.

Kandungan cermaiĀ 

Meski bukan termasuk tanaman obat keluarga, tanaman cermai punya banyak manfaat untuk kesehatan lantaran mengandung beberapa senyawa seperti polifenol, alkaloid, Saponin, Tanin dan flavonoid. Serta mengandung serat tinggi dan vitamin c.

Manfaat daun cermai untuk kesehatanĀ 

Lantaran mengandung banyak senyawa dan vitamin. Buah dan daun Cermai sering digunakan untuk obat herbal. Biasanya daun atau buah Cermai dijadikan campuran jamu.

Adapun mengenai khasiatnya, buah atau daun ceremaiĀ  bermanfaat untuk membantu beberapa gangguan seperti pencahar atau susah buang air besar.

Untuk pengolahanya cukup mudah. Yakni tinggal sediakan sebanyak 3 gram daun ceremai kering kemudian tumbuk dan haluskan.

Setelah itu, seduh tumbukan daun ceremai tadi dengan setengah gelas air panas dan dinginkan. Lalu, minum beserta ampasnya.

Selain mengobati susah buang air besar, manfaat daun ceremai lainya adalah bisa untuk membantu turunkan berat badan, obati mual dan sariawan, asma dan mencegah kanker.

Nah itulah tadi manfaat buah dan daun ceremai yang ternyata baik untuk kesehatan tubuh, dapat membantu menyembuhkan beberapa penyakit. Namun mengkonsumsinya bukan sebagai pengganti pengobatan medis. Jika mengalami keluhan berlanjut, sebaiknya segera periksa ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat. Obat herbal hanya dijadikan pilihan alternatif. Semoga bermanfaat.