Masa Subur Pria

Untuk mempercepat proses kehamilan, biasanya ditentukan dengan menghitung masa subur bagi pria dan wanita. Tidak seperti wanita yang bisa ditentukan masa subur nya dengan siklus bulanan, masa subur pria tentu berbeda, selain itu beberapa faktor pun dapat mempengaruhi kesuburan pada pria.

Hal-hal yang Mempengaruhi Masa Subur Pria

Agar kuantitas dan kualitas sperma berada dalam kondisi baik dan memungkinkan terjadinya pembuahan, terdapat hal-hal yang harus diperhatikan mengenai masa subur pria tersebut, yaitu sebagai berikut.

  • Penggunaan Celana yang Tidak Terlalu Ketat

Agar kualitas sperma semakin baik, anda diharuskan memakai celana yang longgar agar suhu tubuh tidak terlalu tinggi.

  • Rajin Berolahraga

Pria yang jarang berolahraga menghasilkan sperma dengan kualitas dan kuantitas yang kurang baik, sehingga olahraga sangat diperlukan untuk meningkatkan kesuburan sperma.

  • Mengkonsumsi Makanan yang Sehat

Makanan sangat penting bagi perkembangan sperma, sehingga anda diharuskan memakan makanan yang bergizi seperti daging ikan salmon atau tuna, serta sayur dan buah-buahan. Hindari makan-makanan cepat saji dan alkohol, serta merokok.

  • Hindari Stress dan Kelelahan Fisik

Stress dan beraktivas yang berlebihan dapat mempengaruhi hormon dan kualitas sperma, sehingga anda harus lebih rileks dan bisa mengelola stress agar kesuburan sperma semakin baik.

 

Waktu Subur yang Menentukan Kualitas Sperma

Sebenarnya waktu subur pria juga bisa ditentukan, yaitu berkisar pukul 4 hingga 7 pagi. Selain itu suhu pun mempengaruhi, semakin rendah atau dingin suhu nya, kualitas sperma semakin baik.

 

Itulah beberapa hal yang menentukan kesuburan pada pria serta waktu yang tepat untuk menentukan kualitas sperma, sehingga pembuahan pun dapat terjadi dengan cepat.