Rekomendasi Lemari Buku

Anda gemar membaca buku dan hobi koleksi buku karya penulis dari berbagai belahan dunia? Tentu Anda membutuhkan rak penyimpanan atau lemari buku yang bisa menampung seluruh koleksi buku-buku Anda. Tujuannya, agar rumah Anda tetap tertata rapi, meski ada banyak buku koleksi Anda. Dengan menggunakan lemari buku, Anda bisa menyimpannya di perpustakaan khusus maupun di ruang terbuka.

Untuk membuat lemari buku, sebaiknya pilihlah material yang kokoh dan tahan lama, seperti kayu. Pilih juga jenis kayu yang memang kuat menopang berbagai macam ukuran ketebalan buku. Salah-salah memilih, akibatnya lemari buku akan mudah ambruk. Ada baiknya jika Anda membuat lemari di Mebel Jepara yang terbukti kekuatannya. Soal desain, rekomendasi lemari buku ini bisa jadi inspirasi Anda.

  • Lemari buku tanam dinding

Desain lemari buku yang satu ini cukup banya diaplikasikan, karena cenderung lebih hemat ruang dan membuat interior menjadi leih terkesan rapi. Namun, ada beberapa pertimbangan yang perlu dilakukan untuk membuat lemari buku tanam dinding, seperti pemilihan material yang awet dan pengukuran besaran lemari yang tepat. Sebab, sifat lemari buku tanam ini permanen.

  • Lemari buku tutup kaca

Desain lemari buku ini memang cukup sederhana dan klasik. Namun, tipe desain seperti inilah yang biasanya tak lekang oleh waktu. Bentuknya kotak biasa dengan rak-rak di dalamnya, kemudian terdapat pintu kayu yang dipadukan dengan kaca bening. Sehingga, deretan buku tetap terlihat dari luar, namun tetap tertutup dan terjaga dari debu.

  • Lemari buku dari tangga kayu

Lemari buku seperti ini mungkin tidak bisa Anda beli di toko manapun. Desain lemari buku dari tangga kayu bisa Anda buat kustom di toko mebel dengan menggunakan kayu yang kokoh. Lebih bagus lagi jika Anda memilih kayu dengan serat yang unik, seperti kayu pinus dan lakukan finishing warna gelap untuk membuatnya terlihat kontras.

  • Lemari buku bentuk wajik

Rekomendasi lemari buku yang satu ini cukup unik dan estetik. Jika biasanya buku ditata berdiri atau tidur, pada desain lemari ini, buku diletakkan miring. Sebab, bentuk lemari ini serupa wajik atau tempat minuman alkohol dengan ukuran sedang. Agar lebih unik dan menarik, susunlah buku sesuai warna per sekat.

  • Lemari buku yang berfungsi sebagai lampu

Desain lemari buku yang satu ini sangat unik. Jika lampu pad arak dimatikan, maka akan terlihat lemari buku yang biasa saja. Tetapi, jika lampu dinyalakan, buku-buku yang tersusun terlihat seperti siluet yang membuatnya sangat menarik, apalagi sebagai penerang di malam hari. Jadi, lemari buku ini berfungsi juga sebagai lampu.

  • Lemari buku berbentuk kotak telepon Kota London

Bagi Anda yang memiliki rumah dengan konsep shabby chic atau vintagebisa mencoba desain lemari buku yang unik ini. Masih ingat kan kotak telepon umum ala Eropa masa lampau? Nah, lemari buku berbentuk telepon umum London ini akan membawa Anda nostalgia sejenak. Dengan gaya ini, rumah terlihat rapi.

Apapun bentuknya, pastikan memilih lemari dari Mebel Jepara dengan kayu pilihan. Beberapa kayu pilihan yang bisa Anda mewujudkan ide desain lemari di atas adalah kayu jati, jati belanda, mahoni, pinus, hingga cedar, dan masih banyak lagi lainnya. Jika Anda memilih kayu jati, pastikan desain lemari bergaya klasik, karena kayu jati cukup sulit dibentuk, meski paling tahan lama.

 

Tags: