Software untuk Desain Rumah PC Terbaik

Dulu, untuk mendesain suatu bangunan, arsitek membuat desainnya dengan cara manual diatas kertas. Tentu saja hal tersebut memakan waktu yang lumayan lama dan si pembuat dituntut mempunyai ketelitian yang tinggi.

Tapi seiring dengan berkembangnya zaman, mendesain interior rumah, gedung, atau rumah minimalis bisa dilakukan menggunakan software khusus. Nah, software ini mendukung rancangan 3D dan 2D dari berbagai jenis konstruksi bangunan.

Software ini juga memberikan beberapa fitur otomatis yang semakin mempermudah kamu untuk mendesain sebuah rumah. Dengan kemudahan tersebut, software ini bisa dipakai untuk kamu yang masih pemula sekalipun dan sedang mempelajari dunia arsitektur.

Untuk kamu yang menggeluti bidang arsitektur atau belajar mendesain rumah, berikut ini Nine Tekno berikan rekomendasi software desain rumah terbaik untuk PC ataupun laptop.

Software Desain Rumah untuk PC atau Laptop Terbaik

  • Virtual Architect Ultimate Home with Landscaping & Decks Design 10

Virtual Architect Ultimate Home with Landscaping & Decks Design 10 merupakan software yang lengkap, seluruh fiturnya cocok sekali untuk dipakai oleh desainer pemula atau yang sudah profesional. Dengan banyakk model 3D yang dapat kamu pilih, kamu kini tak harus repot mencari bentuk 3D di mesin pencarian Google.

Tak hanya bisa membuat ruangan didalam rumah menjadi semakin hidup, software ini juga dapat digunakan untuk membuat desain dek atau beranda. Hasil rendernya juga tak main-main, resolusi teksturnya sangat tajam serta terlihat seperti asli. Lalu, antarmuka yang memakai jendela ‘wizard’ memudahkan navigasi untuk yang tak terbiasa menggunakan software editing.

Oleh sebab itu, wajar saja jika software yang satu ini memiliki kebutuhan spec laptop atau PC yang sangat tinggi. Minimal, kamu harus menggunakan dedicated VGA memori 2 GB. Akan lebih bagus jika kamu mempunyai spek yang diatasnya, sebab itu akan meningkatkan kualitas dan kecepatan hasil rendering bentuk 3D. Kamu juga tak boleh melupakan bahwa kamu harus mempunyai RAM 8 GB, meski 4 GB masih tergolong cukup.

Software ini bisa kamu gunakan untuk Windows 7, 8, serta 10 di arsitektur 64 bit. Sedangkan kapasitas HDD diperlukan minimal 10 GB.

  • Chief Architect Premier

Membuat sketsa interior atau rumah dijamin bakal lebih mudah memakai software seperti Chief Architect Premier. Kadang, sulit untuk arsitek mengomunikasikan proyeknya ke klien, oleh karena itu software ini muncul sebagai solusi membuat desain rumah yang lengkap dengan indo ukuran detail dan ilustrasi 3D yang dapat muncul dengan otomatis.

Chief Architect Premier juga tergolong ringan, hanya dibutuhkan sisa storage sebanyak 5 GB di HDD ataupun SSD laptop kamu. Lalu, software ini juga bisa digunakan untuk Windows 7, 8, atau 10 [64 bit] dan MacOS [Big Sur, Mojave, Catalina]. Pastikan PC  atau laptop kamu mempunyai RAM sebesar 4GB serta VGA yang memiliki VRAM 1 GB.

  • RoomSketcher Pro

RoomSketcher Pro sebetulnya adalah software free tapi menawarkan beberapa fitur berbayar. Salah satunya ialah yang versi Pro ini yang menampilkan seluruh fitur VIP kemudian ditambah lagi dengan sejumlah fitur tambahan lain. Versi Pro ini bisa memungkinkan kamu melabeli floor plan menggunakan nama brand, khusus buat kamu yang mewakili perusahaan.

Versi Pro ini juga memiliki kostumisasi gambar 3D yang memukau, danmemungkinkan pemakainya melihat hasil rancangan desain dengan 360 derajat. Fitur menarik lainnya juga ada banyak sekali, misalnya melakukan kalkulasi ke dalam total area serta pengukuran denah.

  • FloorPlan 2020 Home & Landscape Pro With LightsWorks

Satu lagi software laptop dan PC yang bisa dipakai mendesain bangunan dan rumah. Dia adalah FloorPlan 2020 Home & Landscape Pro With LightsWorks dan sekaligus berperan menjadi ‘simulasi’ rumah.

Kamu tak perlu merasa bingung membayangkan bakal seperti apa design yang sudah dibuat, sebab ada fitur bernama 360 degree online viewer. Dengan begitu, kamu dapat menjelajahi isi dalam rumah dan memiliki visual yang sangat jelas.

Software ini memang diperuntukkan kepada arsitek profesional, tapi untuk kamu yang masih belajar juga dapat menikmati fitur didalamnya. Karena, Turbo CAD memberikan tampilan ‘drag and drop’ agar bisa memudahkan kamu saat menjalankannya. Selain itu juga, terdapat beberapa tips dan trik guna mengembangkan skill kamu untuk memakai software satu ini.

Kalau ingin menggunakan software ini, pastikan kamu mempunyai laptop dedicated VGA card dengan VRAM 64 MB. Sementara untuk CPU, bebas menggunakan apa saja tapi yang diatas 1 GHz serta berjalan di  arsitektur 64 bit. Software ini juga dapat dioperasikan di Windows 7, 8, atau 10.

  • TurboFloorPlan Home & Landscape Pro 2019 Mac

Jika kamu sedang mencari software artau aplikasi untuk desain rumah yang bisa dijalankan di Mac, kamu dapat menggunakan TurboFloorPlan Home & Landscape Pro 2019 Mac. Kelebihan utama di software ini ialah pemakaiannya yang cukup mudah.

Developer software ini mengklaim jika terlepas mengandung kata ‘Pro’ di namanya, namun sebenarnya kamu yang masih pemula pun bisa mengoperasikannya. Agar bisa dijalankan di MacBook atau Mac, pastikan kamu memiliki versi 10.9 keatas.

  • Lands Design

Kamu bosan merancang desain bangunan? Sebaiknya kamu mencoba untuk membuat bangunan lanskap dengan memakai software bernama Lands Design. Semua bentuk gambar rumah 3D dan 2D bisa dihasilkan dengan memakai beragam jenis tool.

Lands Design memang cocok untuk bangunan di lahan hijau, contohnya taman atau tempat rekreasi dengan tema alam. Lalu untuk sistem requirement, software ini bisa dioperasikan di laptop yang mempunyai AutoCAD 2015 keatas atau Rhino 6 keatas. Sedangkan sistem operasinya, Lands Design dapat digunakan di Windows 7 SP1, 8.1, atau 10.

Software Desain Rumah di Laptop Terbaik

  • SketchUp Pro

Jika kamu ingin bebas merancang darimana saja, kenapa tidak memakai SketchUp Pro? Software ini mempunyai fitur bernama ‘web-based 3D modelling’, sehingga kamu dapat mendesain rumah dengan cara 3D lewat browser.

Kemudian, software yang satu ini juga cocok sekali kalau kamu memerlukan saran ketika menata ruang, sebab layanan PreDesign bakal memberi rekomendasi desain melalui cuaca dan tipe bangunan. SketchUp Pro memiliki format file yang cukup banyak, misalnya mengimpor file lewat Photoshop, file PNG, JPG, PDF, serta banyak lainnya.

SketchUp Pro bisa dijalankan di sistem Windows 10 serta MacOS [Mojave, Big Sur, Catalina]. Untuk kamu user Windows, upayakan mempunyai VGA discrete dengan memori 1GB. Kemudian pastikan juga memiliki hardisk sisa sebesar 70MB guna menampung program.

  • Sweet Home 3D

Sesuai dengan namanya, Sweet Home 3D bakal menunjukkan efek 3D ketika kamu sedang merancang sebuah rumah. Awalnya, tentu kamu menggambar raw lewat rancangan rumah, mulai atap, tembok, bentuk bangunan, dan lain-lain.

Selepas bangunan tersebut sudah terbentuk sempurna, maka kamu bisa melanjutkannya dengan merancang bagian dalam rumah atau interior. Contohnya, kamu ingin memberi warna di tembok, memasang jendela dan pintu, sampai memberikan furniture. Semua dapat kamu lakukan dengan mudah pada software satu ini.

  • Home Designer Pro

Tak menjadi masalah jika kamu bukan seorang ahli dalam bidang desain interior atau arsitektur. Kamu masih bisa membuat rancangan secara profesional dengan menjalankan Home Designer Pro. Dijamin, berbagai tool yang tersedia didalamnya akan membuatmu merasa seperti seorang arsitektur sungguhan. Dan lantaran diperuntukkan untuk yang masih pemula, navigaasi dan cara menjalankannya juga terasa sangat mudah.

Baik itu melakukan remodeling, renovasi, merancang rumah, serta menghitung perkiraan biaya, software ini hadir untuk bisa menyelesaikan segala permasalahanmu dalam hal merancang rumah.

Sebelum kamu install, dibutuhkan setidaknya ruang 5GB pada HDD dan VGA dengan memori 1GB dan didukung OpenGL 3,1 keatas [Windows] atau 4.1 keatas [Mac]. Sedangkan untuk RAM, hanya diperlukan kapasitas setidaknya 4GB.

  • Total 3D HomeV Home & Landscape Platinum Suite

Individual software adalah salah satu  pengembang dengan portofolio produk nan melimpah. Salah satunya ialah Total 3D Home, Landscape, and Deck yang dapat mewujudkan rumah impianmu. Berbekal 14.00 lebih contoh denah untuk kebun dan rumah, kamu bisa secara bebas meluapkan sisi kreativitas yang kamu miliki untuk membuat rancangan rumah impian.

Terlebih lagi,software ini cocok sekali untuk kamu yang tidak memiliki PC atau laptop spek tinggi. Total 3D Home bisa dijalankan bahkan dengan sistem operasi Windows XP dan hanya memerlukan RAM 128MB.

  • HGTV Home & Landscape Platinum Suite

Jika kamu berencana melakukan proses dekorasi ulang, kamu mungkin beberapa kali memiliki kesempatan memotret suasana dalam rumah [interior]. Nah, foto yang sudah kamu ambil itu dapat dimasukkan kedalam software HGTV Home & Landscape Platinum Suite. Desain dalam rumah yang berada di foto itu nantinya dapat kamu utak-atik seperti merubah warna cat tembok, sampai meletakkan pajangan dinding.

Tentu saja software ini memiliki fitur lain yang tidak kalah menariknya, misalnya Bathroom Bulder Wizard dan Kitchen yang bisa membantumu ketika akan merombak kamar mandi dan isi dapur. Tak perlu cemas, sebab antar muka software ini memakai ‘drag and drop’.

  • Room Sketcher VIP

Daripada Room Sketcher versi Pro, kamu dapat menikmati Roomm Sketcher VIP yang setingkat dibawah Pro. Berbagai fitur yangditunjukkan masih sama tapi dengan sejumlah kekurangan. Contohnya kamu tak lagi bisa melabeli denah menggunakan brand perusahaanmu. Lalu, kamu juga tidak bisa membuat kalkulasi total area atau mengukur tanah.

Namun, setidaknya beberapa fitur esensial masih dapat kamu pakai seperti fitur 360 derajat, denah 3D, serta software yang tersedia ini juga bisa dipakai di platform Android ataupun iPhone.

  • SmartDraw

SmartDraw bukan software khusus untuk merancang sebuah rumah, tapi software guna menghasilkan elemen visual seperti slide presentasi, bagan, dan tentu saja denah. Kamu dapat membuat desain rumah dengan cara mudah dan juga intuitive. Lalu antar muka tentunya juga telah memakai ‘drag and drop’ sehingga berbagai elemen visual bisa dipindahan secara mudah.

Jika laptop kamu kuat untuk diisi Office, maka software seperti SmarDraw ini pastinya juga dapat dioperasikan dengan lancar.

Demikan pembahasan tentang beberapa software untuk desain rumah di PC atau laptop yang bisa Nine Tekno berikan. Kamu harus menyesuaikan software tersebut dengan performa laptop yang dimiliki, kalau spek yang kamu miliki kurang tinggi sebaiknya pilih software yang ringan saja. Semoga bermanfaat.