Tahapan Pemulihan Rahim Pasca Cesar yang Perlu Diperhatikan

 

Persalinan caesar merupakan proses persalinan bayi melalui prosedur sayatan perut dan rahim Ibu. Sebelum persalinan berlangsung, Bunda tidak hanya perlu mempersiapkan hal sebelum operasi berlangsung, tetapi juga harus tahu proses pemulihan rahim pasca cesar. Simak penjelasan berikut ini, untuk lebih memahami proses pemulihan caesar.

Proses Pemulihan Hingga Minggu Keenam Pasca Operasi Caesar

1. Satu Jam Pasca Operasi Caesar

Setelah satu jam pasca operasi caesar, Bunda tidak akan merasakan apa yang terjadi di bagian bawah tubuh karena efek dari anestesi masih terasa, hanya saja akan terasa pusing. Jika tidak ada komplikasi yang dirasakan Bunda, maka Bunda dapat segera memegang dan menyusui Si Kecil. Hanya saja, akan tetap dibawah pengawasan perawat untuk dipantau.

2. Minggu Pertama Hingga Kedua Pasca Operasi

Pada minggu pertama pasca operasi, dokter biasanya akan menganjurkan Anda untuk tidak mengangkat apapun yang lebih berat dari Si Kecil, atau melakukan aktivitas seks sampai setelah enam minggu kembali check-up. Anda juga tidak dianjurkan untuk melakukan apapun di vagina selama beberapa minggu untuk pemulihan rahim pasca operasi ini, agar dapat mencegah infeksi.

3. Minggu Keempat Hingga Keenam Pasca Operasi

Bunda akan merasa lebih nyaman dan bebas bergerak, serta pendarahan berkurang. Minggu keenam, Bunda sudah sembuh total dari perawatan pasca operasi. Pemulihan caesar yang bagus dapat berkisar antara empat hingga enam minggu, bergantung dengan kondisi kesehatan Bunda sebelum dan sesudah menjalani operasi.

Itu tadi proses pemulihan pasca operasi caesar yang harus diperhatikan para Bunda. Dalam waktu enam minggu, luka bekas jahitan akan mulai berubah warna seperti kulit awal. Bunda juga harus memperhatikan pola istirahat yang cukup, asupan nutrisi bergizi, hingga perawatan bekas jahitan dengan baik agar tidak terjadi infeksi pada bekas jahitan caesar.