Tidak Hanya Mempengaruhi Kesehatan! Berikut Efek Ibu Hamil Menangis Yang Wajib Diketahui

Pada umumnya makanan, minuman serta aktivitas yang dilakukan oleh ibu dapat dirasakan oleh janin dalam kandungan. Salah satunya adalah ketika ibu menangis yang disebabkan oleh adanya hormon stress yang diproduksi. Namun tahukah anda bahwa terdapat banyak efek ibu hamil menangis? Yuk simak disini.

Efek Yang Terjadi Pada Janin Ketika Ibu Hamil Menangis

  1. Gangguan Kecemasan

Gangguan kecemasan biasanya disebabkan oleh adanya hormon stres yang timbul karena ibu hamil sering menangis. Yang mana hormon tersebut dapat mengalir pada janin melalui plasenta. Sehingga semakin tinggi hormon yang dihasilkan semakin banyak pula hormon yang disalurkan ke janin yang tentunya sangat membahayakan.

  1. Resiko Keguguran Tinggi

Stres dan menangis setiap hari membuat tubuh ibu semakin melemah karena kurangnya nafsu makan. Hal ini tentunya berpengaruh pada janin yang seharusnya mendapatkan asupan nutrisi melalui apa yang dikonsumsi oleh ibu. Semakin sering hal tersebut terjadi maka janin akan melemah dan menyebabkan keguguran.

  1. Bayi Lahir Prematur

Ketika ibu hamil menangis secara terus menerus yang disebabkan oleh stres, maka tubuhnya akan melepaskan hormon corticotropin releasing (CRH) yang meningkatkan hormon kortesol dan masuk melalui plasenta. Yang mana jika kadar hormon tersebut semakin tinggi pada cairan ketuban, maka akan mempercepat pertumbuhan janin sebelum waktunya.

Banyak hal yang dapat terjadi pada janin ketika ibu mengalami stres dan menangis secara terus menerus. Sehingga sangat disarankan untuk dapat mengontrol emosi dan stress agar terhindar dari beberapa efek tersebut. Dengan begitu ibu dan janin dalam kandungan tetap sehat dan tumbuh dengan baik.