5 Tips Agar Android Tidak Lemot Saat Digunakan

Smartphone yang Anda miliki ternyata akan mengalami penurunan performa jika sudah bertahun tahun digunakan. Selain baterainya yang mengalami penurunan, kondisi HP lambat juga menjadi masalah yang kerap kali terjadi. Namun, HP yang lambat ini bukan hanya disebabkan usia pemakaian, tetapi juga cara menggunakannya. Berikut tips agar Android tidak lemot!

Cara Membuat Hp Android Tidak Lambat Jika Digunakan

  1. Menghapus Aplikasi yang Jarang Digunakan

Semakin banyak Aplikasi yang muncul di toko aplikasi, maka kian tinggi pula rasa ingin tahu untuk menginstalnya di ponsel. Namun, Anda harus berhati hati dengan sikap memasang banyak apps tanpa melihat kebutuhan. Pasalnya, hal ini akan membuat HP android yang Anda miliki berangsur menjadi lebih lambat jika digunakan.

Coba saja untuk mengecek aplikasi yang sudah terpasang di ponsel pintar, apakah semuanya Anda gunakan dalam kebutuhan sehari hari? Jika tidak, maka hal ini akan membuat ruang penyimpanan HP Android Anda jadi tersita oleh aplikasi yang jarang digunakan tersebut. Akibatnya, performa ponsel Anda menurun. Oleh karena itu, segera hapus aplikasi yang kurang penting agar HP tidak lambat.

  1. Melakukan Clear Cache

Selain mengurangi Apps yang jarang digunakan, langkah selanjutnya yaitu hapus cache. Cache ini merupakan tempat untuk menyimpan data sementara aplikasi yang sedang Anda gunakan. Dengan fungsi tersebut, maka Anda bisa membuka apps yang digunakan. Namun, cache yang menumpuk bukanlah hal yang menguntungkan karena membuat performa HP menurun.

Agar menghindari masalah tersebut, Anda bisa melakukan clear cache secara rutin. Anda bisa membersihkan cache setiap aplikasi yang pernah digunakan sebelumnya. Kebiasaan sederhana ini memang kadang malas untuk dilakukan bagi sebagian orang. Padahal menurut laman web charis, manfaatnya bisa menghindarkan HP dari lemot dan penurunan performa.

  1. Menonaktifkan Auto Sync

Cara membuat HP tidak lemot lagi yaitu dengan mematikan fitur auto sync. Coba untuk mengecek fitur ini, pasti banyak aplikasi yang Anda gunakan, seperti sosial media dan chatting. Mematikan fitur ini akan bermanfaat untuk mengatasi HP yang lemot. Dengan begitu, Anda tidak akan lagi menjumpai performa android yang menurun.

  1. Menggunakan Satu Aplikasi Anti Virus Saja

Bagi pengguna Android, memang sangat wajar jika ingin memberikan proteksi terbaik pada ponsel pintar yang dimiliki. Anda bisa memasang aplikasi antivirus agar terhindar dari serangan malware dan lain sebagainya. Namun, perlu diperhatikan juga dalam menggunakan satu aplikasi antivirus saja. Sebab, aplikasi ini berjalan dengan menyedot penggunaan memori serta RAM.

Pasti Anda bisa membayangkan apa jadinya jika terlalu banyak aplikasi antivirus yang dipasang? Semakin banyak aplikasi yang berjalan, maka ruang RAM akan tersita dan membuat HP android jadi lambat. Jadi, ada baiknya jika Anda memasang satu aplikasi antivirus di ponsel pintar daripada harus mengalami HP yang lambat.

  1. Memperbaharui Software

Jika Anda menerima notifikasi untuk update software, maka bisa langsung melakukan update sesuai instruksi. Biasanya pembaruan sistem operasi akan meningkatkan kinerja yang ada di ponsel Anda secara drastis. Selain itu, tips agar android tidak lemot yaitu perhatikan jadwal update tersebut agar kinerja smartphone tidak menurun.

Penggunaan HP Android secara bijak dapat membantu Anda menjaga performa ponsel pintar tersebut. Tetapi jika kinerja HP menurun hingga menyebabkan lemot, maka ada beberapa cara yang bisa diaplikasikan. Anda bisa melakukan cara mulai dariĀ  membersihkan cache, update software, menonaktifkan auto sync, instal satu aplikasi antivirus saja, hingga hapus apps yang jarang digunakan.