Tips Desain Rumah Minimalis

Tren konsep rumah datang silih berganti setiap tahunnya mengikuti perkembangan zaman. Salah satu konsep rumah yang begitu populer, banyak penggemarnya, dan belum tergantikan hingga kini adalah konsep rumah minimalis. Hal ini karena konsep rumah minimalis mengedepankan nilai fungsional dan kesederhanaan, namun tetap mementingkan nilai estetika. Tak heran, banyak sekali peminatnya.

Selain itu, desain rumah minimalis cocok diterapkan pada rumah dengan ukuran besar atau sempit sekalipun. Bukan hanya itu, dari segi biaya pembangunan dan perawatan, rumah dengan konsep minimalis juga jauh lebih murah. Nah, jika Anda sedang berencana membangun atau merenovasi rumah minimalis, berikut kami berikan beberapa tips desain rumah minimalis sebagai referensi.

Bentuk geometris dan tanpa oranamen berlebihan

Salah satu ciri yang paling menonjol dari desain rumah minimalis adalah bentuknya yang geometris. Bentuk geometris merupakan bentuk dasar bangunan, yaitu kotak tanpa pelana atau perisai dan kubus. Namun, ada juga sebagian rumah minimalis yang dibangun dengan pelana, meski tidak penuh. Rumah minimalis juga dibuat tanpa ornamen berleihan demi kembali ke esensi rumah itu sendiri

Gunakan warna netral yang terang

Selain mengurangi oranamen, rumah minimalis juga mengurangi penggunaan warna-warna yang berlebihan. Rumah minimalis lebih banyak mengaplikasikan cat dengan warna-warna netral yang cenderung terang, misalnya kombinasi warna putih, abu-abu terang, dan aksen kayu yang natural. Sebab, warna-warna ini lebih memberikan kesan sederhana sesuai dengan konsep rumah minimalis.

Maksimalkan lahan dan bangunan

Konsep rumah minimalis biasanya seringkali dipilih oleh mereka yang memiliki rumah di lahan yang terbatas. Sebab, ketersediaan lahan sempit bukanlah halangan bagi konsep rumah minimalis. Karakter geometris dan kesederhanaannya, memiliki keuntungan tersendiri. Misalnya, atap yang datar bisa dimanfaatkan untuk membuat rooftop ataupun kolam renang, kala lahan rumah terbatas.

Desain interior dan eksterior tidak mencolok

Sekali lagi, minimalis adalah tentang kesederhanaan, maka realisasikanlah filosofi ini saat mendesain rumah minimalis pada interior maupun eksterior rumah Anda. Mulai dari warna, tekstur, bentuk rumah, atap, fasad, hingga furniture pada konsep rumah minimalis, tidak disarankan menggunakan model yang mencolok. Sehingga, tampilannya tatap penuh kesederhanaan dan tampak elegan.

Tonjolkan tekstur pada interior dan eksterior bangunan

Tekstur menjadikan rumah minimalis tampak lebih menawan. Mungkin cat putih pada dinding halus menurut sebagian orang bukanlah pilihan yang menarik, maka padukan saja dinding halus dengan dinding bertekstur yang dicat dengan warna sejenis atau senada. Anda bisa menerapkan dinding batu alam atau dinding kamprot yang dicat warna putih atau abu-abu muda pada interior atau eksteriornya.

Atur sirkulasi udara dan pencahayaan dengan baik

Jika rumah Anda menghadap ke arah terbitnya matahari, maka hal tersebut sangat baik karena sinar matahari dan sirkulasi udara yang masuk lebih maksimal. Jika tidak, Anda bisa mengurangi kelembapan dengan mengatur sirkulasi dan pencahayaan yang baik agar bagian dalam rumah lebih segar. Anda bisa menyewa jasa interior jogja untuk mengatur letak dan model jendela dan area bukaan yang sesuai.

Nah, dari keenam tips desain rumah minimalis yang telah disebutkan, apakah Anda sudah memikirkan seperti apa kelak rumah minimalis versi Anda? Jika masih bingung menata dan memilih interior rumah minimalis yang sesuai dengan konsep, hubungi jasa interior jogja yang akan membantu Anda merealisasikan rumah minimalis yang sesuai dengan gaya yang Anda inginkan.