Ini Dia Tradisi Acara Selamatan Unik yang Ada di Daerah Jawa Timur

Masyarakat Jawa tidak bisa terlepas dari tradisi acara selamatan atau selametan. Acara ini dilakukan untuk memperingati berbagai acara dalam berbagai situasi yang ada, mulai dari peristiwa kelahiran, pernikahan, pindah rumah, kematian dan masih banyak lagi.  Umumnya kejadian yang tidak biasa atau special juga akan menjadi sumber dari kegiatan selamatan ini dilakukan. Dalam melakukan tradisi acara selamatan ini pihak penyelengara biasanya akan mengundang keluarga, tetangga serta kerabat menikmati makanan secara bersama-sama. Untuk hidangan khas tradisi acara selamatan inipun beragam, biasanya yang paling umum adalah nasi tumpeng yang dilengkapi dengan berbagai lauk pauknya. Biasanya pula akan hadir dekorasi bunga dari jasa Sewa Papan Bunga Medan yangn meramaikan acara tersebut. Nah, ada banyak macam bentuk tradisi acara selamatan yang dilakukan masyarakat. Beberapa yang paling unik ini ada di daerah Jawa Timur. Oleh karenanya silahkan simak apa saja jenis selamatan yang dimaksud ini.

3 Tradisi Selamatan Unik di Daerah Jawa Timur

Dari banyaknya tradisi acara selamatan yang ada di Jawa Timur, berikut adalah beberapa yang paling unik dan menarik untuk disimak:

  1. Selametan Desa Jeladri

Selametan Desa jeladri adalah salah satu tradisi acara selamatan unik yang ada di daerah Jawa Timur. Bagaimana tidak, pada perayaannya akan diadakan sebuah lomba khusus yang akan menghias ancak. Ancar merupakan tempat atau benda khusus yang dipergunakan untuk menjadi tempat penataan berbagai snack dan juga makanan yang dikumpulkan dalam satu RT. Yang paling penting didalam Ancak ini adalah harus memiliki nasi kuning karena nasinya dianggap sebagai symbol tradisi acara selamatan. Untuk snack atau makanan yang ada dalam Ancak sendiri tidak ada batasannya.

  1. Selametan Tumpeng Sewu

Berikutnya ada tradisi acara selamatan Tumpeng Sewu di Banyuwangi, Jawa Timur yang tergolong unik. Acara ini akan digelar secara rutin menjelang hadirnya hari raya idul adha. Dalam pelaksanaan tradisi acara selamatan tersebut, setiap warga akan membuat berbagai tempat pecel pitik. Sajian tersebut kemudian akan dinikmati bersama setelah disajikan terlebih dahulu di tepian jalan. Untuk melengkapi tradisi acara selamatan yang satu ini, para warga terlebih dahulu akan menjemuar semua Kasur yang dimiliki secara massal. Lebih uniknya lagi karena seluruh Kasur yang dijemur ini memiliki warna merah serta hitam.

  1. Selametan Gunungan Krupuk

Satu lagi untuk tradisi acara selamatan di Jawa Timur yang paling unik ini ada Selametan Gunungan Krupuk. Gunungan memang merupakan hal yang biasa dalam menjalankan tradisi selamatan tetapi yang tidak baisa ini ada di Pasuruan, Jawa Timur yang menggelar atau membuat gunungan dari kerupuk. Bentuk dari gunungannya sendiri bisa dari unta, gajah ataupun berbagai hewan lainnya. Tak hanya kerupuk saja, gunungan dalam tradisi acara selamatan  ini juga akan diisi dengan jajaran khas sampai buah-buahan.

Pentingnya Acara Selamatan Digelar

Keberadaan tradisi acara selamatan ini sudah ada sejak dulu. Dilakukannya setiap saat acara tersebut karena memang sudah jadi tradisi yang penting untuk dilakukan. Secara khusus acara ini digelar untuk penghormatan, pemurnian, perlindungan sampai dengan produktivitas yang ada dalam kehidupan social. Sudah sejak lama tradisi acara selamatan  ini jadi budaya yang tentu saja tidak bisa hilang begitu saja. Keberadannya jadi acuan masyarakat untuk tetap menjalankannya. Apalagi dalam pelaksanaan tradisi acara selamatan ini ada norma atau aturan tersendiri yang tidak boleh dilewatkan begitu saja.