Wajib Tahu! Berikut 5 Penyebab Haid Sedikit dan Coklat

Sering mengalami haid sedikit dan coklat? Anda patut hati – hati dan mengerti apa saja menyebabkan. Hal tersebut dikarenakan haid yang berwarna coklat dan sedikit termasuk dalam siklus yang tidak lancar. Untuk lebih jelasnya simak ulasan lebih lengkapnya di bawah ini.

Penyebab Haid Keluar Sedikit dan Berwarna Coklat

  1. Penggunaan Pil Kb

Apabila anda mengkonsumsi pil Kb ada kemungkinan akan mengalami gangguan pada siklus menstruasi. Hal tersebut dikarenakan pil Kb mempengaruhi hormon dalam tubuh dan membuat tubuh secara tidak langsung dipaksa untuk mengikuti hormone yang disebabkan oleh pil Kb. Ada banyak efek samping pil Kb lainnya seperti menjadi gemuk, jerawatan dan siklus haid tidak lancar.

  1. Ada Penyakit Kandungan

Hal kedua yang bisa menyebabkan haid keluar sedikit dan berwarna coklat adalah penyakit kandungan seperti mioma, kista, endometriosis dan lain – lain. Gangguan organ reproduksi tersebut dapat disebabkan karena darah terlalu lama tersimpan dalam Rahim dan berujung teroksidasi. Oleh sebab itu, apabila anda sering mengalami haid tidak lancar ada baiknya untuk berkonsultasi ke dokter.

Demikian beberapa penyebab haid keluar sedikit dan berwarna coklat. Hal tersebut adalah salah satu tanda siklus menstruasi yang tidak normal. Ada yang tidak baik dengan kondisi tubuh anda. Namun disisi lain, bisa juga disebabkan karena stress yang berlebihan dan juga kurang berolahraga. Akan lebih baik apabila anda menjaga asupan makanan dan juga rutin berolahraga.