Waktu Sholat Hajat Yang Baik

Shalat merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh orang muslim. Orang islam diwajibkan melaksanakan shalat sejak umur yang memasuki baligh hingga akhir hidupnya. Didalam kehidupan sehari hari ada lima ibadah shalat yang wajib bagi kaum muslim, diantaranya seperti shalat subuh, dzuhur, ashar, maghrib, dan isya’.

Islam sebagai agama sudah menentukan waktu untuk para penganutnya dalam melaksanakan shalat, masing-masing diantaranya memiliki waktu yang berbeda, dan wajib dilaksanakan sesuai jadwalnya. Terkait dengan adanya ketentuan mengenai waktu tersebut menggambarkan bahwa betapa pentingnya waktu shalat. Oleh sebab itu, kita sebagai ummat muslim wajib tau waktu yang baik untuk melaksanakan ibadah shalat.

Lantas bagaimana waktu waktu yang baik untuk menjalankan shalat? Berikut kami berikan informasinya.

Waktu Yang Baik Untuk Melakukan Shalat Dalam Islam

Pixabay.com

  • Sepertiga Malam Pertama

Shalat hajat cukup baik dilaksanakan pada waktu-waktu sepertiga malam. Waktu sepertiga malam yang pertama yaitu kisaran pukul 19.00 hingga 22.00. Pada tenggang waktu ini sangat baik jika digunakan untuk melakukan shalat hajat.

  • Sepertiga Malam Ke Dua

Waktu shalat yang baik juga bisa dilakukan dengan sepertiga malam yang ke dua, yaitu sekitar pukul 22.00 hingga 01.00. Jika kita ingin melaksanakan shalat hajat, bisa kita lakukan pada waktu ini agar lebih afdol. Tidak sedikit orang yang sudah menerapkan shalat hajat pada jam-jam ini.

  • Sepertiga Malam Ke Tiga

Selain dua waktu diatas, sepertiga malam yang ke tiga ternyata juga sangat bagus jika digunakan untuk melakukan shalat hajat. Pasalnya, pada waktu-waktu ini do’a mudah untuk dikabulkan.

Waktu sepertiga malam adalah waktu yang sangat mustajab, pada waktu ini sangat dianjurkan untuk memanjatkan do’a kepada allah swt. Rasulullah juga mengatakan bahwa banyak keutamaan jika waktu sepertiga malam digunakan untuk melaksanakan ibadah kepada allah swt. Oleh sebab itu, mari kembali meningkatkan ketaqwaan agar lebih baik lagi.

Bagaimana Jika Shalat Hajat Dilakukan Tidak Di Sepertiga Malam?

Pixabay.com

Sesungguhnya, shalat hajat bisa kita lakukan kapan saja. Artinya, kaum muslim bisa melakukan shalat hajat pada siang ataupun malam hari. Akan tetapi, kita harus tau beberapa waktu yang dilarang melaksanakan shalat, diantaranya yaitu setelah waktu subuh, 15 menit setelah matahari terbit, saat matahari tepat diatas kepala, dan saat matahari akan tenggelam.

Beberapa waktu yang dilarang untuk melaksanakan shalat ini juga berlaku untuk shalat hajat. Jadi, sebaiknya kita cermat memperhatikan waktu sebelum melaksanakan shalat. Keutamaan ibadah shalat sangat luar biasa banyak, sampai-sampai ada ketentuan waktu yang di anjurkan. Oleh sebab itu, Gunakanlah alat yang bisa mempermudah dalam mengetahui waktu seperti jam masjid, jam smarphone, jam tangan, dan yang sejenisnya.

Shalat hajat sangat dianjurkan agar dijadikan sebagai amalan umat muslim, salahsatu orang yang dianjurkan adalah berikut.

Orang yang memiliki hajat, jika anda termasuk orang yang sedang memiliki sebuah harapan, terlepas usaha-usaha yang anda lakukan hendaknya di damping dengan shalat hajat. Dengan cara ini, kita bisa memohon kepada tuhan untuk mengabulkan atas apa yang sedang kita perjuangkan. Selain itu salah satu contohnya adalah seperti orang yang sedang terbelit masalah hidup, orang yang berthalabul ilmi, dan sejenisnya.

Demikianlah informasi yang bisa kami berikan tentang waktu yang baik untuk melaksanakan shalat hajat yang bisa kami bagikan, semoga bermanfaat dan memberikan pandangan baru, sekian dan terimakasih. Selamat mencoba.