Ini Dia 5 Wisata Terbaik di Jawa Timur

Berkat kondisi alam dan kehidupan sosial yang beragam, tidak mengherankan apabila Jawa Timur kaya akan berbagai macam destinasi wisata. Mengunjungi tempat wisata terbaik di Jawa Timur tentu akan membuat pengalaman berlibur menjadi makin menyenangkan.

Tempat-tempat wisata ini memiliki panorama alam yang indah, lokasi yang familiar, serta berbagai macam sarana akomodasi yang siap mempermudah akses menuju tempat wisata. Apa saja tempat wisata terbaik di Jawa Timur yang menarik dikunjungi? Ini dia ulasannya.

Aneka Wisata Terbaik di Jawa Timur

Memang ada banyak sekali tempat wisata yang ada di provinsi dengan ibu kota Surabaya ini. Aneka wisata terbaiknya ini cocok untuk diagendakan sebagai destinasi melancong bersama orang terkasih.

1. Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura termasuk salah satu tempat wisata terbaik di Jawa Timur. Aliran airnya berasal dari Gunung Bromo dengan letak di arah utara pegunungan tersebut. Bentuk air terjunnya sangat unik karena mengeliling membentuk gua dengan ketinggian 200 meter.

Siapa sangka jika air terjun dengan hawa sejuk ini merupakan yang tertinggi di Pulau Jawa. Jangan sampai melewatkan agenda dengan tidak mengunjungi tempat wisata alam yang ada di Malang ini.

2. Gili Ketapang

Tidak perlu jauh-jauh ke Hawaii untuk menikmasi sensasi snorkeling. Anda cukup ke Gili Ketapang untuk menikmati sensasi alam bawah lautnya yang memukau. Pulau kecil ini memiliki area bawah laut yang masih sangat terjaga. Hamparan terumbu karang dan berbagai biota warna-warni lainnya begitu memanjakan mata.

Gili Ketapang berada di Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo Jawa Timur. Untuk yang sedang mencari tempat wisata bernuansa sejuk dan bersih tanpa banyak pengunjung, tempat wisata ini adalah pilihan menarik.

3. Taman Nasional Baluran

Liburan ke Taman Nasional Baluran adalah ide menarik untuk merasakan sensasi padang savana ala Afrika. Letaknya di Kabupaten Situbondo dan Banyuwangi dengan jarak dari pusat kota sekitar 1,5 jam perjalanan darat.

Wisata alam ini memiliki hamparan padang savana yang sangat luas. Aneka satwanya masih hidup bebas sehingga sensasi tracking layaknya di Afrika akan Anda rasakan. Jangan khawatir akan keamanannya karena sudah pasti ada guide yang siap mengantar Anda berkeliling.

4. Kawah Ijen

Tempat wisata terbaik di Jawa Timur selanjutnya ini sangat populer bahkan hingga ke mancanegara. Lokasinya berada di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Bondowoso. Jaraknya dari Surabaya maupun Malang relatif dekat sehingga Anda pun bisa memanfaatkan jasa sewa mobil Malang.

Panorama blue fire serta suasana pegunungannya yang sangat kental menjadi daya tarik tersendiri. Bagi yang ingin berlibur ke Kawah Ijen, persiapkan fisik secara optimal agar kuat mendaki hingga area kawah.

5. Puncak Bromo

Belum lengkap rasanya ke Jawa Timur tanpa melirik Bromo sebagai destinasi liburan. Puncak Bromo merupakan destinasi yang sangat disukai para wisatawan karena memiliki panorama matahari terbit yang sangat indah.

Selain puncak dan kawahnya, wisatawan juga dapat menikmati indahnya hamparan padang pasir serta Bukit Teletubbies. Walaupun destinasi utamanya adalah puncak, tetapi ketinggiannya tetap aman untuk didaki dengan bantuan anak tangganya.

Tips Mempersiapkan Liburan

Sudah menentukan destinasi liburan Anda? Persiapkan liburan secara maksimal agar perjalanan menjadi lebih lancar. Berwisata pun diharapkan tanpa kendala berarti dengan beberapa tips berikut ini:

  • Pastikan sudah membuat rencana perjalanan.
  • Hitung budgetagar tidak berlebihan.
  • Pastikan tubuh fit.
  • Sesuaikan akomodasi dengan jumlah anggota keluarga.
  • Bawa pakaian dan makanan secukupnya.
  • Jika ingin menyewa mobil, pilih jasa sewa mobil Malang yang terpercaya.

Masih banyak lagi pilihan tempat wisata terbaik di Jawa Timur. Tentu saja lima destinasi di atas merupakan sebagian kecil dari banyaknya sarana rekreasi yang siap membuat aktivitas melancong Anda makin mengesankan.